Wulungsari Jadi Kampung Tani

520

WONOSOBO—Desa Wulungsari Kecamatan Selomerto diresmikan menjadi kampung tani. Peresmian tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Wonosobo, Abdul Munir, di sela acara pembukaan kemah bakti penyuluh dan peresmian kampung tani Desa Wulungsari, Senin (25/11) di balai dusun Mranggen Desa Wulungsari.
Menurut koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Kabupaten Wonosobo, Sutono, dipihnya Wulungsari sebagai kampung tani, sebab di desa ini masyarakatnya telah memiliki kepedulian tinggi, untuk memberdayakan semua potensi yang dimilikinya, baik dari sektor pertanian, perkebunan maupun peternakan.
“Masyarakat sudah memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam sayur atau buah serta beberapa warga membuat kolam ikan di halaman rumahnya masing-masing,” katanya.
Dikatakan, atas inisiasi warga yang positif tersebut, Desa Wulungsari belum lama ini juga dinobatkan menjadi kawasan rumah pangan lestari. Hal tersebut menjadikan desa yang terdiri dari 4 dusun ini terpilih menjadi kampung tani, selain di desa ini juga telah berdiri Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S). (ali/lis)