Pamerkan Produk di Gedung Pemkot

374

MAGELANG—Sebagian titik di dalam gedung pemerintahan Kota Magelang sebentar lagi akan jadi tempat berjualan. Hal itu setelah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang menggagas Magelang Craft Center (MCC).
”Ada beberapa space kosong di gedung ini (pemkot) yang akan kita manfaatkan untuk promosi segala produk kerajinan di Kota Magelang,” kata Kepala Bidang Industri Diskoperindag Kota Magelang, Sri Rejeki, kemarin.
Sedikitnya akan ada 21 aneka produk yang dipamerkan. Mayoritas adalah hasil kerajinan batik. ”Nanti kita buat ruangan kaca seluas 3 x 8 meter yang berisi displai aneka produk kerajinan,” ujarnya di sela-sela pembuatan ruang tersebut.
Dia berharap, dengan banyaknya orang yang datang ke kantor Pemkot Magelang bisa secara langsung melihat dan membeli aneka kerajinan tersebut. ”Mulainya akhir bulan ini,” kata dia.
Beberapa kerajinan yang akan dipamerkan diantaranya batik magelangan, batik kayu ma­gelangan, mainan mobil dari kayu, kerajinan kerang, kerajinan sandal, dan kerajinan lainnya.
”Hampir setiap hari ada tamu dari luar daerah yang datang ke kantor pemerintahan. Tidak ada salahnya tamu itu kita ajak melihat langsung produk yang menjadi unggulan tersebut,” katanya.
Menurutnya, ide untuk membuat MCC ini, katanya bera­wal dari hasil studi banding jajarannya beserta Dekranasda ke sejumlah daerah, seperti Ja­karta dan Jepara. Di kantor pe­merintahan setempat terdapat ruang atau space khusus pameran produk UMKM mereka.
Ketua Paguyuban Batik Mage­lang, Naris Pradjoko mengaku menyambut positif ide dari pemerintah ini. Ia menilai MCC dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi produk mereka, sehingga dapat lebih dikenal luas masyarakat. (vie/lis)