Perlu Program Kreatif

402

TEMANGGUNG—Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai lembaga kemanusiaan perlu program-program kreatif yang menunjang kinerjanya dalam melayani kebutuhan masyarakat. Khususnya yang terkait dengan penyediaan bank darah. Selain program kreatif, juga dibutuhkan program yang sifatnya tidak rutin.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Temanggung, Bambang Arochman saat membuka Muskercab PMI Temanggung di Omah Kebon Resto, Selasa (24/12) pagi kemarin. ”PMI memiliki peran yang cukup strategis dalam mengemban tugas-tugas sosial,” katanya.
Dengan peran yang strategis tersebut, katanya, dibutuhkan program kerja yang sifatnya tidak rutin, namun juga bersifat tidak baku disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah.  Meski harus kreatif dalam penyusunan program kerja, mempertimbangkan kemampuan anggaran yang dimiliki juga harus diperhatikan.
Ia mengatakan, dalam hal penanganan bencana, peran PMI pada musim hujan saat ini harus lebih optimal. Mengingat, Kabupaten Temanggung merupakan daerah dengan tingkat bencana alam cukup tinggi, khususnya tanah longsor dilihat dari kontur wilayahnya.
”Juga dalam mengatasi banjir. PMI hendaknya meningkatkan kewaspadaan jika sewaktu-waktu terjadi musibah bencana secepatnya bertindak untuk memberikan bantuan sosial sesuai kebutuhan,” katanya. (zah/lis)