Per Tahun 700 Ribu Pendaftar Haji

323

MUNGKID—Minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi. Tiap tahun para pendaftar terus meningkat. Menurut Sekretaris Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah Drs HM Nur Fauzan, MA, meskipun daftar tunggu semakin panjang, di Jawa Tengah bisa mencapai 25 tahun, namun keinginan orang untuk berhaji setiap tahun semakin meningkat. Hal ini dibuktikan tidak kurang dari 700 ribu pendaftar setiap tahunnya.
Selain haji merupakan rukun Islam, kaum muslim yang dapat melaksanakan haji adalah orang pilihan. “Terbukti banyak orang Islam yang mampu dari segi ekonomi namun belum berhaji, haji juga mempunyai peran yang cukup bagus di masyarakat, “ ujarnya dalam musyawarah daerah IPHI Kabupaten Magelang yang digelar kemarin (26/12) di pendopo rumah dinas bupati Magelang.
Oleh karena itu, pihaknya berharap ke depan IPHI harus memberikan kontribusi keumatan serta membawa keberkahan dan kemanfaatan di dalam masyarakat.
Terkait musyawarah daerah pihaknya mengatakan, kegiatan ini merupakan tuntutan organisasi di dalam mengemban amanah. ”Bukan berarti kepemimpinan yang lalu tidak baik, namun ini memang tuntutan organisasi, agar berjalan lebih baik, “katanya.
Bupati Magelang Singgih Sanyoto dalam sambutannya mengatakan bahwa para hujjaj merupakan potensi yang dapat berperan secara aktif dalam pembangunan. Juga untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat terutama melalui pengabdian dan pengamalan ajaran agama Islam.
IPHI merupakan salah satu wadah organisasi yang mengakomodasikan segenap potensi tersebut. Oleh karena itu diharapkan IPHI dapat menjadi perekat dan ujung tombak dalam melakukan perubahan diri, keluarga dan masyarakat ke arah perbaikan.
“IPHI jangan hanya jadi penonton dalam pembangunan ini. Justru IPHI harus menjadi pelaku pembangunan,“ Singgih. (vie/lis)