PN Mungkid Tolak Eksepsi PDIP

397

Sidang Gugatan Pemecatan Susilo

MUNGKID— Pengadilan Negeri (PN) Mungkid menolak nota keberatan (eksepsi) DPC dan DPP PDI Perjuangan atas gugatan yang dilayangkan Susilo SPt terkait pemecatannya. Dengan demikian, sidang perdata itu akan dilanjutkan dengan pembuktian.
Majelis hakim yang diketuai Alimin Ribut Sujono SH MH, didampingi Ali Sobirin SH MH dan Erni Kusumawati SH, menyatakan, alasan hukum yang dijadikan dasar eksepsi tidak menyangkut kewenangan absolut PN.
”Karena berdasarkan Undang-Undang tentang Kekuasaan Kehakiman, Pengadilan Negeri berwenang untuk memeriksa perkara ini,” kata Ali Sobirin, kemarin.
Atas dasar putusan tersebut, majelis hakim memutuskan untuk menggelar sidang lanjutan pada Kamis (2/1) mendatang. Adapun agenda sidang adalah pemeriksaan para saksi dan alat-alat bukti.
”Kami sangat apresiatif terhadap putusan tersebut,” kata Wasit Wibowo SH, kuasa hukum Susilo SPt, usai persidangan. Sementara kuasa hukum para tergugat, Janu Iswanto SH, enggan memberikan komentar.
Seperti diketahui, tidak terima dirinya dipecat dari keanggotaan partai, Susilo SPt (Ketua DPRD Kabupaten Magelang), menggugat PDI Perjuangan ke PN Mungkid. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang sebagai tergugat I dan DPP PDI Perjuangan tergugat II. Susilo dipecat lantaran dinilai melanggar AD ART partai karena maju sebagai bupati dari PPP dan PAN. (vie/lis)