Sederhanakan Pelayanan, Permudah Warga Mendaftar

326

Pendaftaran Kartu Jaminan Kesehatan Dilayani di Kelurahan

Untuk mempermudah pelayanan dan pendaftaran kartu jamkesda atau kartu Magelang sehat Pemkot Magelang mulai mendekatkan diri hingga kelurahan. Pelayanan ini, akan dibuka mulai 13 Januari 2014.

Sebelumnya warga Kota Magelang yang ingin mendaftar ulang dipusatkan UPTD Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) di komplek kantor wali kota Magelang. Hal itu kerap menimbulkan antrean panjang dan pelayanan kurang maksimal.
“Mulai Senin besok (13/1), pelayanan pendaftaran ulang kartu jamkesda akan dilaksanakan di tiap kelurahan masing-masing. Untuk tempat pelayanannya di kelurahan setempat,” terang kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dokter Pantja Kuntjara MKes, kemarin (9/10).
Pantja menjelaskan, alasan pemindahan lokasi pendaftaran ulang tersebut ingin menyederhanakan pelayanan baik dokumen, tempat dan waktu yang terbilang cukup singkat yakni hingga 30 Januari mendatang.
”Mulai Jumat (10/1), khusus untuk semua kelurahan di wilayah Kecamatan Magelang tengah yakni Kelurahan Magelang, Cacaban, Kemirirejo, Gelangan, Panjang, dan Kelurahan Rejowinangun Utara akan mulai melayani pendaftaran ulang peserta jamkesda. Sedangkan mulai tanggal 13 akan dilaksanakan serentak di seluruh kelurahan,” tuturnya.
Seperti diketahui, sebelumnya untuk mendaftar ulang warga harus datang ke kantor UPTD JPKM di komplek kantor wali kota Magelang. Di kantor itu juga sudah disediakan petugas Dispendukcapil untuk melegalisasi syarat-syarat yang harus dilengkapi. ”Untuk legalisasi persyaratan yang tadinya oleh petugas Dispendukcapil, nantinya akan ditangani oleh kasi tata pemerintahan di tiap-tiap kelurahan setempat,’’ ujarnya.
Pantja berharap dengan adanya kebijakan ini bisa menyederhanakan pelayanan utamanya terkait pelayanan dokumen, tempat yang lebih dekat serta target waktu pelaksanaan bisa selesai sesuai dengan rencana. (vie/lis)