Pompa Rusak, Rob Sulit Surut

321

KALIGAWE—Dua mesin pom­­pa air di rumah pompa Polder Waru Semarang, sejak satu bulan lalu dalam kondisi rusak. Akibatnya, pompa air itu tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga air rob di kawasan Telogosari Semarang tidak bisa surut dengan cepat.
Dari 3 mesin pompa di rumah pompa yang difungsikan sejak 2002, hanya 1 yang bisa beroperasi. Dengan kondisi ini, air rob yang bisa dipompa keluar area hanya berkapasitas 6.000 kubik per detik. Sementara saat laut pasang, rob yang masuk bisa mencapai 32.000 meter kubik per detik. “Dua mesin pompa itu masih dalam perbaikan sehingga harapannya secepatnya bisa selesai,” ungkap penjaga rumah pompa SB Kuntadi, kemarin (11/1).
Karena rumah pompa tak bisa berfungsi maksimal, Kuntadi kesulitan untuk mengatasi rob yang menggenangi wilayah Telogosari dan Dempel, “Padahal kalau 3 mesin itu berfungsi normal, tidak (akan ada) masalah. Tetapi karena yang dipakai satu maka mengalami kesulitan,” katanya.
Lebih lanjut Kuntadi mengatakan, perawatan berkala bulanan dilakukan penjaga rumah pompa. Ia akan mengecek kondisi mesin serta instalasi listrik mesin tersebut. Akibat dari kerusakan dua mesin di rumah pompa tersebut, ia harus kerja keras mengecek kondisi mesin yang masih berfungsi. Pasalnya, jika satu-satunya mesin tersisa tersebut dipaksakan menyedot genangan dengan intensitas tinggi, dikhawatirkan akan ikut rusak. Jika hal ini terjadi, tak ada lagi mesin pompa yang bisa menyedot genangan rob. (hid/ton)