Rp 8,5 M Serap 7 Ribu Warga

323

KUDUS–Progam pengentasan pengangguran kembali ditata Pemkab Kudus dengan anggaran sekitar Rp 8,5 miliar. Dana tersebut untuk realisasi program padat karya bagi tujuh ribu warga.
Rencana pengucuran uang miliaran rupiah untuk penanggulangan pengangguran itu diungkapkan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Pentatrans) pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kudus, Catur Widiyatno. Dia mengatakan program tersebut rencananya akan dimulai Maret ini. ”Dalam program padat karya tahun ini, kami bagi dalam dua bentuk. Yakni program produktif dan infrastruktur,” terang Catur.
Untuk kegiatan produktif, jelasnya, akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang mengarah pada proses produktivitas warga. Di antaranya budidaya ternak. Sedangkan pada tahun ini, rencananya akan dibagi menjadi dua. Yakni bantuan budidaya kolam ikan dan kandang kambing. ”Dalam bantuan tersebut, selain diberikan kolam maupun kandang kambing, akan turut diberikan ikan dan kambing untuk diternakkan,” tambahnya.
Hanya saja, program tersebut dimaksudkan bukan untuk perorangan. Melainkan untuk kelompok usaha bersama (KUB). Setiap lokasinya diperkirakan akan mampu menyedot hingga sekitar 60 orang. ”Sementara untuk program infrastruktur, lebih kepada proses perbaikan sarana prasarana. Namun tujuannya tetap mengarah kepada proses peningkatan perekonomian masyarakat,” tambahnya.
Tahun ini, rencananya kegiatan itu akan dilaksanakan di sekitar 53 lokasi di Kabupaten Kudus. Sebanyak 16 lokasi di antaranya digunakan untuk program padat karya produktif, sementara 37 lokasi lainnya berupa padat karya infrastruktur. (ben/aji/ida)