Polisi Akan Razia Toko Oleh-Oleh Haji

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

Terbongkarnya Air Zamzam Palsu
MUGASSARI — Terbongkarnya dua pabrik air zamzam palsu di Polaman, Mijen dan Batang masih terus dikembangkan. Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng akan menyisir sejumlah toko oleh-oleh haji yang diduga menjadi tempat memasarkan air zamzam abal-abal tersebut. Langkah ini diambil untuk menarik semua peredaran air zamzam palsu yang sudah menyebar hampir di seluruh Jawa. Di antaranya, Semarang, Solo, Jogjakarta hingga Jakarta.
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Alloysius Liliek Darmanto menegaskan, akan terus berupaya maksimal untuk membongkar semua jaringan peredaran air zamzam palsu. Pihaknya akan menyisir sejumlah toko yang disinyalir merupakan agen pemasaran air zamzam palsu dari Mijen dan Batang.
”Penyisiran ke toko-toko yang diduga mengedarkan jelas akan kami lakukan. Itu kan nanti kami lakukan setelah mendapatkan keterangan dari sejumlah saksi,” katanya.
Liliek menambahkan, tidak menutup kemungkinan untuk menarik produk air zamzam palsu yang sudah telanjur di pasaran, termasuk di luar Jawa.
Untuk kawasan luar Jateng, Polda Jateng berkoordinasi dengan berbagai Polda di wilayah masing-masing. Sementara untuk Jateng, semua jajaran polres/polrestabes sudah diinstruksikan untuk menyelidikinya. ”Jika ada yang masih mengedarkan, pasti akan ditarik. Karena air zamzam palsu ini sangat berbahaya untuk kesehatan,” ujarnya.
Sejauh ini, menurut Liliek, baru dua lokasi yang menjadi produsen air zamzam. Sementara dua tersangka yang digerebek saat ini langsung ditahan di ruang Tahti Polda Jateng. ”Sudah langsung ditahan, kami masih memintai keterangan sejumlah saksi,” katanya.
Terbongkarnya produksi air zamzam palsu berdampak bagi toko-toko yang menyediakan oleh-oleh haji. Al-Fath salah satunya, yang merasakan menurunnya omzet penjualan. ”Sehari setelah terungkap kasus tersebut, penjualan sedikit menurun. Wajar memang jika konsumen banyak yang jadi ragu,”ujar Manager Al-Fath Semarang Supriyani saat dihubungi Radar Semarang, kemarin.
Meski yakin yang mereka jual asli, namun toko ini kemarin menarik semua produk air zamzam yang mereka jual. Pihaknya akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan pihak distributor terkait produk-produk tersebut. ”Dari kemasan serta isi kami perhatikan sih beda. Hanya saja, kami ingin lebih yakin dengan meminta penjelasan pada supplier kami yang dari Arab,” katanya.
Baginya, hal ini demi kepuasan pelanggan. Penjelasan lengkap dari supplier akan produk tersebut bisa menjadi pegangan akan keaslian produk. ”Pembeli sekarang juga kan kritis, walaupun kami bilang asli, tetap kami harus bisa menjelaskan apa buktinya, kemudian perbedaan asli atau tidaknya seperti apa,” tandasnya.
Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Daroji mengapresiasi keberhasilan aparat Polda Jateng membongkar dua pabrik air zamzam palsu.
Menurut Daroji, orang yang telah memalsukan air zamzam mempunyai dua kesalahan. Yakni, melakukan tindak penipuan yang dikenai undang-undang, dan yang kedua melakukan pemalsuan sehingga mencederai keyakinan umat yang memercayai bahwa air tersebut suci dan memiliki banyak khasiat. ”Saya berharap para pemalsu tersebut diberikan hukuman yang setimpal,” katanya.
Daroji menambahkan, akibat pemalsuan tersebut, citra air zamzam akan menjadi luntur. Padahal sebenarnya ada nilai-nilai yang diyakini akan membawa barokah kepada orang yang meminumnya jika disertai dengan doa. Misalnya, untuk kesembuhan dari penyakit, dan memohon diberi kepintaran. ”Selain itu, air zamzam itu termasuk keajaiban dunia nomor satu, dan merupakan sebuah mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Meski telah dikirim ke seluruh dunia tidak akan pernah habis,” bebernya.
Menurut Daroji, secara kualitas air zamzam sangat berbeda jauh dengan air biasa. Di dalamnya terdapat berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi manusia. Hal tersebut dapat dengan mudah dibuktikan lewat laboratorium. ”Memang secara kasat mata akan sulit untuk dibedakan. Namun dari rasanya sendiri ada sesuatu yang tidak ada di air biasa,” jelasnya.
Untuk mengatasi hal tersebut terulang kembali, Daroji menganjurkan kepada masyarakat yang berangkat haji untuk tidak ikut menipu dengan membeli oleh-oleh dari Indonesia. Misalnya, air zamzam, sajadah, tasbih, kurma, yang dikatakannya berasal dari negeri aslinya, yakni Saudi Arabia. Hal tersebut dapat mengkhianati masyarakat yang menunggu untuk minta doa.
”Jikalau memberi oleh-oleh, jujurlah barang tersebut berasal dari negara aslinya atau tidak. Air zamzam jangan dicampur dengan air biasa. Meskipun hanya satu butir kurma ataupun seteguk air zamzam, jika diperoleh dari sana tentu ada khasiatnya,” bebernya.
Seperti diberitakan sebelumnya, aparat Ditreskrimsus Polda Jateng menggrebek dua pabrik air zamzam di lokasi berbeda, Rabu (15/1) lalu. Yakni pabrik air zamzam milik Haji TH, 57, di Dusun Sebumi RT 1 RW 1, Kelurahan Polaman, Kecamatan Mijen Semarang dan Haji HD, 47, di Desa Kaliwareng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Keduanya merupakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan masih punya hubungan saudara. (fth/dna/fai/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -