Puluhan Ribu Peserta Berebut ke Amerika

340

SEMAKIN banyak yang tertarik untuk terlibat di Honda Developmental Basketball League (DBL) 2014, meski kompetisi basket SMA terheboh itu memiliki serangkaian syarat ketat untuk jadi peserta. Kini, kesempatan jadi peserta terbuka lebih lebar. Di antaranya dengan mengikuti Simpati Loop 3X3 (baca: three by three) Competition. Kompetisi ini berhadiah terbang ke Amerika.
Simpati Loop 3X3 Competition akan mendampingi laga-laga seru Honda DBL 2014 di 25 kota 22 provinsi. Kompetisi yang lazim disebut three-on-three itu, rencananya akan diikuti 2.500 tim. Masing-masing tim berisikan empat pemain. Jadi, akan ada 10.000 peserta berebut juara.
Di tiap kota, akan dicari satu tim juara. Pemenang masing-masing kota itu, akan berangkat ke Surabaya untuk berlaga di Simpati Loop 3X3 Big Competition. Mereka akan berebut hadiah utama jalan-jalan ke Amerika Serikat.
Peserta Simpati Loop 3X3 Competition merupakan pemain yang tidak terdaftar di Honda DBL 2014. Memberi kesempatan mereka yang ingin berpartisipasi di Honda DBL, namun tidak masuk tim basket utama sekolahnya. “Yang ikut ekstrakurikuler basket di sekolah cukup banyak, sehingga perlu ada kesempatan bagi mereka yang tidak terpilih untuk bisa merasakan serunya DBL,” terang Azrul Ananda, commissioner DBL.
Untuk mengikuti kompetisi, peserta harus pelajar tingkat SMA/sederajat kelas X atau XI tahun ajaran 2013-2014. Satu tim terdiri dari empat peserta. Tiga pemain utama dan satu cadangan. Peraturan permainan yang digunakan dalam Simpati Loop 3X3 Competition adalah peraturan FIBA.
Telkomsel telah mendukung Honda DBL sebagai official partner selama tiga tahun berturut-turut. Di tahun keempatnya ini, dukungan semakin besar. “Sepanjang menjalin kerjasama di tahun-tahun sebelumnya, DBL telah memberi kontribusi luar biasa bagi Telkomsel. Kami selalu punya visi dan misi yang sama,” tutur Reyhan, GM Community Planning and Solution Telkomsel.
Gelaran Simpati Loop 3X3 Competition disambut meriah bahkan ketika masa pendaftaran dimulai. Mochammad Irfan Syahadatan dari SMA Budi Mulia Dua Jogjakarta langsung tertarik untuk bergabung. “Ketika tahu bahwa ada kesempatan jalan ke Amerika aku langsung excited banget. Aku ajak teman-teman. Dan akhirnya kebentuk satu tim. Memang harus latihan dan enggak boleh dianggap enteng kompetisi ini,” pungkas Irfan penuh semangat.
Honda DBL 2014 akan mulai digelar 24 Januari di GOR UNY Jogjakarta. Berlanjut sehari setelahnya (25 Januari), secara bersamaan di Bandung dan Bogor akan mulai bergulir Honda DBL West Java Series 2014. Semakin besar dukungan, semakin besar kesempatan terlibat di Honda DBL 2014. It will be Bigger Than Ever! Update informasi dan pendaftaran, dapat mengakses situs resmi DBL Indonesia, www.dblindonesia.com (*/smu)