PRPP Belum Diminati Wisatawan Umum

341

SEMARANG – Hingga saat ini, Pekan Raya Promosi dan Pembangunan (PRPP) Jateng belum menjadi destinasi yang diminati oleh wisatawan umum. Sementara pelancong yang datang berombongan seperti dari sekolah-sekolah, sudah cukup meningkat.
Menurut Ketua ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia) Jateng, Joko Suratno, memang harus ada pembenahan di PRPP agar menarik bagi wisatawan. Diakuinya, sejauh ini, obyek wisata yang ada di Jateng khususnya Semarang belum tereksplor secara optimal. Wisatawan umum masih lebih tertarik untuk mendatangi Borobudur atau Karimunjawa. ”Sebetulnya Semarang, termasuk PRPP cukup potensial, namun belum tereksplorasi dengan baik,” kata dia. Ditambahkan Joko, PRPP lebih pas untuk wisata pendidikan. ”Untuk itu yang datang ke sana anak-anak sekolah, karena itu memuat tentang sejarah Jateng,” kata dia.
Direktur Utama PT Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP), Titah Listyorini mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah renovasi di beberapa titik Puri Maerokoco. Jika dibandingkan sebelum dilakukan renovasi, saat ini sudah mulai ada peningkatan pengunjung, meski hingga saat ini masih didominasi oleh anak-anak sekolah dan mahasiswa.
Untuk proses renovasi, sejauh ini, sudah ada respons positif dari masing-masing pengelola anjungan yaitu pemerintah kabupaten/kota masing-masing anjungan. ”Memang belum memperlihatkan hasil yang maksimal, tapi ada upaya kerja sama yang baik antara mereka dengan kami,” ungkapnya.
Titah mengatakan, beberapa kegiatan juga sudah diprogramkan, di antaranya mengadakan family gathering. Pada family gathering yang akan dilaksanakan awal Februari mendatang, akan ada beberapa acara, di antaranya lomba mancing untuk bapak-bapak, lomba masak untuk ibu-ibu dan lomba menggambar untuk anak-anak. Pihaknya juga berharap, di tahun depan ada peningkatan jumlah pengunjung hingga dua kali lipat dari tahun ini yang mencapai 25 ribu pengunjung. (ars/smu/ce1)