Aset PT KAI Senilai Rp 200 Juta Dicuri

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PENGAPON — Sejumlah aset berharga milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang di Jalan Pengapon No 2 Semarang raib dicuri. Aset yang hilang berupa balok dan papan kayu jati sekitar 14 meter kubik yang digunakan sebagai alas di lantai dua dan tiga bangunan yang sebelumnya menjadi kantor dan bengkel kereta api tersebut. Ironisnya, sejumlah aset yang hilang di dalam gedung itu ternyata sudah ditetapkan sebagai benda cagar budaya.
Pelaku yang diduga lebih dari dua orang melakukan pencurian dengan cara memotong konstruksi dari lantai dan rangka atap. Kerugian akibat pencurian itu ditaksir mencapai lebih dari Rp 200 juta. Pihak PT KAI yang diwakili Assistant Manager Bangunan PT KAI Daop 4, Dedy Rahayu, 39, akhirnya melaporkan kasus pencurian tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang. Dalam laporan bernomor LP/B/121/I/2014/Jateng/Restabes itu disebutkan jika aset yang dicuri berupa balok kayu jati dan papan sebanyak 14 meter kubik.
Menurut Dedy Rahayu, aset cagar budaya di bangunan tiga lantai itu diketahui hilang, Rabu (22/1) sekitar pukul 10.00. Pencurian diketahui ketika Manajer Museum PT KAI, Sapto Hartoyo melakukan pengecekan. Saat itulah, ia kaget mendapati kondisi dalam bangunan yang berantakan.
”Saat dicek, ternyata sejumlah papan dan balok kayu jati di dalam gedung sudah raib. Jumlahnya puluhan dan bernilai jual tinggi. Ada balok yang tebalnya 18 sentimeter X 7 sentimeter,” katanya.
Kejadian itu lantas dilaporkan ke pihak PT KAI. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata balok dan papan kayu jati yang hilang cukup banyak. Pelaku pencurian mengambil dengan cara memotong konstruksi dari lantai dan rangka atap.
”Yang hilang sekitar 14 meter kubik. Jika ditaksir semua mencapai lebih dari Rp 200 juta. Padahal barang yang hilang itu sudah ditetapkan sebagai cagar budaya,” bebernya.
Bangunan yang sudah dijadikan cagar budaya itu merupakan peninggalan perusahaan kereta api swasta Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) yang dibangun pada 1901-1905. Bangunan tiga lantai tersebut awalnya digunakan untuk memproduksi gerbong kereta api. Selain itu, juga pernah dijadikan sebagai kantor Satker pada 2011.
”Yang dicuri semua memang hanya material. Tapi, barang itu sudah menjadi benda cagar budaya,” kata Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Eko Budiyanto.
Saat ini, kata dia, kondisi bangunan tersebut memang mengalami kerusakan akibat termakan usia dan sering digenangi rob. Padahal, rencananya bangunan itu akan dijadikan museum kereta api seperti di Ambarawa. ”Belum sempat terealisasi, malah banyak materialnya yang dicuri orang,” ujarnya jengkel.
Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Wika Hardianto SH SIK mengatakan, pihaknya akan langsung melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian aset cagar budaya tersebut. Ia akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.
”Langsung kami lakukan penyelidikan, termasuk memeriksa saksi-saksi. Kami juga akan selidiki kapan hilangnya, caranya, dan bagaimana mengangkutnya,” katanya saat dikonfirmasi kemarin.
Wika menambahkan, pihaknya juga akan melakukan segala kemungkinan terkait kasus dugaan pencurian tersebut. ”Kalaupun ada indikasi orang dalam yang terlibat, akan dilihat di belakang. Intinya, saksi-saksi dari warga sekitar dan pengelola akan dimintai keterangan lebih dulu,” ujarnya. (fth/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -