Pohon Tumbang Tutup Jalur Pantura Kaliwungu

277

KENDAL– Sebuah pohon asam berukuran besar di Jalan Raya Kaliwungu, Kamis (23/1) pagi tumbang. Pohon ini menutup jalan pantura yang mengakibatkan arus lalu lintas ke arah Semarang maupun Kendal terhambat.
Sejumlah warga dan petugas Polsek Kaliwungu berusaha menyingkirkan pohon dengan diameter lebih dari 40 centimeter dan tinggi hampir 10 meter ini dengan alat seadanya. Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal juga terlihat ke lokasi kejadian untuk membuka jalan. Akhirnya usaha berhasil ketika petugas Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kabupaten Kendal datang dengan membawa gergaji mesin.
Hamdani, 35, warga sekitar mengatakan, pohon asam tersebut sebelumnya memang sudah miring. Warga bahkan sudah memasang tanda peringatan yang bisa dilihat pengguna jalan yang lewat. “Angin kecang membuat pohon ini tumbang sekitar pukul 08.00 pagi,” katanya kepada Radar Semarang.
Dadang Kurnia, 28, seorang pengendara sepeda motor sempat resah ketika ia terjebak kemacetan gara-gara jalan tak bisa dilintasi. “Bisa telat kerja, apalagi saya bekerja di Semarang. Tentunya tumbangnya pohon membuat akses jalan menjadi macet,” keluhnya.
Pohon asam yang melintang ini berhasil disingkirkan setelah petugas Ciptaru Kendal mengoperasikan 3 gergaji mesin untuk melakukan memotong pohon. Akibat kejadian ini, lalu lintas sempat tersendat dan macet selama hampir dua jam. (den/ton)