Batik Bernuansa Oriental

326

SIMPANG LIMA — Berbagai desain busana bernuansa oriental mulai banyak dikeluarkan mendekati perayaan Tahun Baru Imlek. Tak terkecuali desain yang menonjolkan motif-motif batik.
Beberapa koleksi busana batik dengan mengandalkan motif bunga dan burung yang dikeluarkan oleh salah satu rumah mode di kawasan Simpang Lima ini misalnya. Dua motif itu terlihat cantik dalam desain khas busana oriental.
Diawali dengan padu padan kebaya encim dan sarung batik. Pada sekuel ini dihadirkan koleksi kebaya encim berbahan foal yang halus dan nyaman. Keistimewaan koleksi ini terletak pada aplikasi bordir yang dibuat khusus pabrik pembuat bordir eksklusif.
Sekuel berikutnya menampilkan motif Hong Bulat Mix Benji. Lini ini ditujukan bagi yang berjiwa muda dan dinamis. Tampil dengan warna-warna lebih berani dan sporty menghasilkan motif Tiongkok disebut hong bulat. Bulatan dengan gambar burung hong di dalamnya terletak pada bagian tengah baju sisi depan. Model ini cocok bagi mereka yang aktif, dengan bahan katun yang nyaman.
Di sekuel berikutnya menunjukkan motif oriental sensation. Koleksi ini membaurkan permainan warna- warna cantik. Desain warna asimetris cocok dikenakan untuk acara formal seperti cocktail party, kumpul keluarga hingga open house.
Busana batik dengan sentuhan modern tercipta dalam motif kotak ukel kombinasi warna. Motif tambal dengan warna-warna soft memberikan alternatif pilihan busana di tengah beragam warna ngejreng. Warna-warna lembut seperti hijau pupus, oranye, merah tampil unik sebagai blouse.
Sekuel kelima memamerkan motif super houndstood hasil rancangan in house desainer. Kali ini motif houndstood tidak sebatas tampil hitam putih, melainkan warna-warna memikat seperti abu-abu, merah maroon, kuning, dan sebagainya.
Salah satu motif spesial turut diusung, yaitu Lokcan Meets Tirto Tejo. Motif itu meliputi lokcan dan hong bulat. Kombinasi dua motif mengandung makna keberuntungan yang besar. Motif-motif lokcan adalah motif burung dalam ragam hias batik Tiongkok.
Seluruh koleksi dihadirkan dalam balutan warna-warna terang yang menawan, seperti merah, hijau dan biru. Garis merah dari koleksi-koleksi kali ini ada pada paduan ragam motif, detail, dan warna dua budaya antara Tiongkok dan Indonesia.
Penyelenggara fashion show Edition of Chinese New Year tersebut, Mira Fastiany, mengatakan, koleksi spesial ini secara khusus dipersiapkan untuk menyambut Imlek. Busana yang diusung tersebut terinspirasi dari keanggunan wanita oriental serta keindahan ragam hias batik Tiongkok yang unik. ”Ciri khas batik Indonesia dan Tiongkok mengalami kemiripan warna dan motif,” ujarnya. (dna/aro/ce1)