Bertanggung Jawab pada Moral Siswa

353

Guru Pendidikan Agama Islam
MAGELANG– Guru pendikan agama Islam dinilai turut bertanggung jawab atas perkembangan sikap dan moral peserta didiknya. Sehingga setiap guru dituntut mengetahui perkembangan zaman.
“Mengetahui perkembangan zaman sangat penting untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap pola dan tingkah laku anak. Jadi materi pembelajaran bisa mengimbanginya,” kata Kepala Sub Bidang PAI pada SMP Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI Dr. H. Nifasri Moh Nir, pada kuliah umum yang diadakan di aula gedung rektorat Universitas Muhammadiyah Magelang, kemarin.
Menurutnya, guru PAI secara moral bertanggung jawab pada perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berhubungan dengan materi-materi keagamaan. Oleh sebab itu guru PAI harus meningkatkan diri dan selalu mengikuti perkembangan global untuk memberi jaminan mutu profesional yang diikuti dengan keteladanan yang membumi kepada peserta didik.
“Tugas dan tanggung jawab guru PAI tidaklah mudah dan ringan, bahkan mungkin lebih berat dibandingkan dengan guru mata pelajaran lainnya. Sebab terkait dengan peserta didik yang memiliki latar belakang keagamaan yang beragam serta permasalahan yang kompleks. Guru PAI tidak hanya memberi materi agama Islam terhadap peserta didik, tetapi juga memberikan teladan,” kata dia.
Dekan FAI UM Magelang, Dr. Imam Mawardi M. Ag mengatakan, kuliah umum tersebut diikuti oleh 64 mahasiswa penerima beasiswa Kemenag RI tahun 2013 yang bekerjasama dengan FAI UM Magelang. (vie/lis)