Pengganti Novita Dilantik Senin

337

GEDUNG BERLIAN – DPRD Jateng segera melantik anggota dewan pergantian antar waktu (PAW) Novita Wijayanti yang mundur karena pindah ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Novita yang mantan anggota Fraksi PDI Perjuangan dan Ketua Komisi C DPRD Jateng akan digantikan Asroru Maula yang perolehan suaranya saat pemilu legislatif (pileg) 2008 berada di bawahnya.
Menurut Sekretaris DPRD Jateng Prijo Anggoro BR, pelantikan Asroru dijadwalkan pada Senin (27/1) melalui rapat paripurna dewan. Setelah dilantik, legislator PAW tersebut akan menjalankan tugas sebagai anggota dewan hingga September 2014 nanti, sesuai masa jabatan legislator periode ini.
Prijo mengatakan, nama pengganti Novita didapat dari usulan DPD PDI Perjuangan Jateng. ”Prosedurnya melalui DPD dan koordinasi dengan KPU yang memberikan rekomendasi siapa yang berhak mengganti sesuai perolehan suara yang didapat,” katanya. Usulan penggantian juga dilakukan melalui surat ke Mendagri melalui Gubernur. Menurutnya PAW tersebut sudah melalui seluruh jenjang tahapan yang normatif.
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Agustina Wilujeng mengatakan saat pileg 2008 lalu, perolehan suara Asroru berada tepat di bawah Novita Wijayanti. Hal tersebut dibuktikan dengan lampiran perolehan suara dari KPU Jateng. Dia membantah proses PAW berjalan lamban. Namun prosesnya memang membutuhkan waktu. ”PAW sudah kita usulkan sejak sebelum Pilgub namun semua kan butuh proses. Harus ada klarifikasi dari KPU, gubernur dan SK Mendagri dan itu baru turun sekarang,” tandasnya.
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng Nuniek Sriyuningsih mengatakan Asroru akan masuk Komisi D DPRD Jateng yang dulu ditinggalkan Novita. Sebelumnya Novita Wijayanti memutuskan mundur dari dewan setelah dipindah posisinya dari Ketua Komisi C menjadi anggota Komisi D. Novita kemudian lompat pagar ke Partai Gerindra dan menjadi caleg DPR RI. (ric/ton/ce1)