Bersihkan Kongco saat Dewa ke Kahyangan

421

PURWODINATAN — Puluhan umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Sabtu (25/1) melakukan bersih-bersih kelenteng. Ini merupakan ritual lanjutan setelah menggelar Siang Sin Giu Hok atau ritual mengantarkan dewa ke kahyangan yang berlangsung sehari sebelumnya.
Dengan menggunakan kuas dan tisu mereka membersihkan satu persatu patung kongco. Sebelumnya, pejimsin juga melepas baju kebesaran kongco untuk dicuci. “Upacara bersih-bersih kelenteng ini dilakukan dalam rangka untuk menyambut hari raya Imlek,” ungkap Ketua Umum Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie Sindu Darmali, kemarin.
Kegiatan bersih-bersih kongco ini dipandu oleh lo cu yang bertanggung jawab pada kongco masing-masing. Air yang digunakan untuk membersihkan merupakan rendaman bunga dan teh. “Mereka membersihkan kongco dengan menggunakan rendaman air teh sesaji,” katanya.
Pemandian kongco ini, katanya, menjadi bagian bersih kelentent yang dilakukan jelang Imlek. Yakni setelah dewa naik ke kahyangan pada tanggal 24 bulan ke 12 penanggalan Imlek, menjelang tahun baru dan kembali setelah tahun baru, yakni tanggal 4 bulan 1 Imlek. “Membersihkan kongco ini termasuk bangunan kelenteng ini untuk menyambut kedatangan kembali mereka ke bumi setelah perayaan tahun baru Imlek,” katanya.
Salah seorang pejimsin Ani, 34, mengatakan kegiatan bersih-bersih kongco ini dilakukan secara sukarela dengan harapan akan mendapat berkah. “Dengan membersihkan kongco ini harapannya badan menjadi sehat serta mendapat rizki yang lancar dan tidak lupa mendoakan Indonesia agar tetap aman, tentram,” akunya. (hid/ton)