USM Turun di Superliga

327

SEMARANG-Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Universitas Semarang (USM) Jateng, dipastikan tampil pada kejuaraan bulu tangkis antarklub internasional bertajuk “Djarum Superliga Badminton” di DBL Arena Surabaya, Jatim, 3-9 Februari 2014.
Ketua Bidang Pembinaan PB USM, Achmad Muhaimin ketika dihubungi di Semarang, mengatakan bahwa pada kejuaraan di Surabaya, pihaknya hanya menerjunkan tim putri dengan materi pemain yang sebagian besar dari PB Djarum Kudus.
Ia menyebutkan, materi pemain yang akan diturunkan pada kejuaraan tersebut terdiri atas enam pemain dari PB Djarum Kudus, kemudian tiga pemain dari Jayaraya Suryanaga Surabaya, dan satu pemain binaan PB USM sendiri.
Pebulu tangkis USM Semarang yang diterjunkan pada Superliga mendatang Yeni Asmarani, Tieke Ariedaningrum, Intan DJ, Rina Andriani, Variella, Komala Dewi, Ririn Amelia, Gloria Emmanuelle Widjaja, Anissa Saufika, dan Ketut Mahadewi.
Ketika ditanya target timnya berlaga pada Superliga mendatang, dia mengatakan bahwa kalau targetnya terlalu tinggi, padahal ini merupakan kali pertama timnya tampil pada kejuaraan bulu tangkis antarklub internasional. “Kami hanya ingin berpartisipasi saja dan sekaligus mengenalkan PB USM di kancah olahraga bulu tangkis nasional,” katanya.
Superliga di Surabaya itu sendiri akan mempertandingkan kelompok putra dan putri. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 2 miliar dengan perincian Rp 500 juta untuk juara putra dan putri, Rp 250 juta untuk runner-up, Rp150 juta untuk peringkat ketiga dan Rp 100 juta untuk peringkat keempat.
“Hadiah memang mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp1,6 miliar. Harapan kami, semakin banyak pemain top dunia turun di kejuaraan ini,” kata Direktur Superliga Badminton Achmad Budiharto.
Achmad menambahkan, sesuai dengan rencana Djarum Superliga Badminton 2014 akan diikuti 14 klub, enam di antaranya adalah klub asing. Sedangkan sisanya adalah klub tanah air yang selama ini melahirkan atlet-atlet yang menjadi tulang punggung tim nasional.
Klub-klub yang diharapkan berpartisipasi pada kejuaraan itu adalah PB Djarum Kudus, PB Musica Flypower Champions, PB Jaya Raya Jakarta, PB Mutiara Cardinal, PB Tangkas Spech, PB Hiqua Wima, PB Tjakerindo Mas dan PB Guna Dharma. Kemudian untuk klub asing adalah Unisys (Jepang), Renesas (Jepang), SCG (Thailand), Cooperative Bank (Taiwan), Tricky Panda (Jepang) dan Malaysia Tiger.
Khusus untuk Unisys, Renesas, dan Malaysia Tiger pada 2013 lalu, juga berpartisipasi pada kejuaraan antar klub ini. Dilihat dari klub peserta, pemain andalan Indonesia kemungkinan akan turun seperti Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Bellaetrix Manuputty, Maria Febe K, Hendra Setiawan, Markis Kido, M Ahsan, Angga Pratama, Rian Agung dan Vita Marissa. (bas/ida)