Saryan Ketua DPRD Termuda

521

MUNGKID– Kader-kader muda potensial PDI Perjuangan dipastikan akan memimpin Kabupaten Magelang. Hal itu setelah Saryan Adi Yanto diambil sumpah janjinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Magelang, kemarin malam. Saryan Adi yang merupakan anggota DPRD asal Kecamatan Borobudur dan Sekretaris DPC PDI P ini masih berusia 34 tahun. Ia salah satu ketua DPRD termuda di Jawa Tengah.
Sebelumnya, Bupati Magelang terpilih yang akan dilantik 29 Januari, Zaenal Arifin juga masih muda. Pria asal Kecamatan Pakis itu baru menginjak usia 38 tahun.
Kemarin malam (25/1) DPRD Kabupaten Magelang menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda pengucapan sumpah dan janji Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan masa bhakti 2009-2014.
Pengambilan sumpah janji dan pelantikan ketua DPRD dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Mungkid Nuruli Mahdilis disaksikan oleh Plt Ketua DPRD Kuswan Hadji, Plt. Bupati Magelang Agung Trijaya, muspida, 21 anggota DPRD, kepala dinas kantor, bagian dan instansi.
Menurut Kuswan Hadji pengambilan sumpah janji ketua DPRD didasari oleh Surat Keputusan Gubernur Jateng nomor 170/9 tahun 2014 tertanggal 24 Januari 2014 perihal peresmian Pengangkatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magelang.
“Dengan pertimbangan bahwa Susilo SPt Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Magelang masa bakti 2009-2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah diresmikan pemberhentianya berdasarkan SK Gubernur Jateng,” katanya.
Plt Bupati Magelang Agung Trijaya mengatakan dengan hadirnya para pemimpin muda di Kabupaten Magelang diharapkan mampu meningkatkan kerja pemerintahan. Sehingga bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
“DPRD memiliki peran yang strategis di dalam pemberdayaan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan akan menentukan wajah daerah, untuk itu terkait amanat yang telah disematkan terhadap ketua DPRD dapat dilaksanakan dengan sungguh sungguh sehingga harapan masyarakat akan kondisi Magelang yang lebih baik akan tercapai,” katanya.
Sementara itu, Saryan mengaku siap mengemban amanat partai yang diberikan kepadanya. Dia berharap bisa ikut memajukan Kabupaten Magelang bersama-sama masyarakat. Agenda terdekat yang menjadi tugasnya adalah pelantikan bupati Magelang terpilih dan pembahasan APBD 2014. (vie/lis)