Awal Tahun, Penjualan Rumah Lesu

381

SEMARANG – Awal tahun tak mendatangkan hasil yang menggembirakan untuk penjualan rumah. Berbagai faktor memengaruhi kurang optimalnya penjualan rumah di awal tahun ini. Di antaranya faktor cuaca.
Sejumlah perwakilan pengembang perumahan yang mengikuti pameran Real Estate Expo (REI) di Mal Ciputra mengakui situasi tersebut. PT Kini Jaya Indah misalnya, mengakui masyarakat kurang antusias terhadap pameran kali ini. Meski ada beberapa unit yang laku terjual yakni untuk rumah dengan harga di bawah Rp 300 juta, namun jumlah tersebut masih jauh di bawah target.
PT Kini Jaya Indah yang mengembangkan empat perumahan yakni Permata Batursari, Gardenia dan Jasmine Park di Plamongan Indah serta Villa Pinus di Watugong ini sebenarnya memberikan penawaran menarik sepanjang berlangsungnya pameran. Seperti memberikan promo berupa hadiah langsung pada setiap penjualan masing-masing tipe.
Untuk Gardenia yang terdiri atas tipe 100 m, pembeli berhak mendapatkan 1 LED TV 42 inch, 2 AC 3/4 pk serta 1 home theater, untuk Jasmine Park dengan tipe 58 dan 66, pembeli bisa memperoleh 1 LED 32 inch dan 1 AC 3/4 pk. Untuk Permata Batursari dengan tipe 36, 45 dan 48 pembeli bisa memperoleh 1 AC 3/4 pk, serta Villa Pinus dengan tipe 54 bisa memperoleh 1 LED TV 32 inch dan 1 AC 3/4 pk, sedangkan untuk tipe 60 dan 75 bisa memperoleh 1 LED 32 inch dan 2 AC 3/4 pk.
”Seperti tren di tahun sebelumnya, di awal tahun penjualan memang seperti ini, nanti di Februari-Maret mulai ramai lagi,” ujar Agung Prakoso, dari PT Kini Jaya Indah.
Senada, marketing eksekutif dari Jaya Metro, Setyo Wibowo mengatakan, penjualan memang kurang bagus di awal tahun ini. Salah satunya dipengaruhi oleh cuaca yang kurang baik. ”Kalau Desember kemarin, penjualan saat pameran bisa sampai 20 unit, saat ini tidak sampai 5 unit,” kata dia. Pada pameran tersebut, Jaya Metro menawarkan perumahan Permata Jaya, Flora Jaya, Mutiara Jaya dan Pandanaran Hills. (ars/smu/ce1)