Cuaca Buruk, Harga Udang Naik

363

SEMARANG – Cuaca buruk yang menyebabkan banjir di berbagai wilayah daratan, juga memengaruhi hasil tangkapan ikan para nelayan. Kondisi tersebut menyebabkan harga ikan di pasaran melonjak tinggi.
Berdasarkan pantauan Radar Semarang di Pasar Johar Semarang, sejak awal Januari, kenaikan tertinggi pada udang hingga 60 persen, dari semula Rp 25.000/kg menjadi Rp 40.000/kg. Ini karena stoknya terbatas. ”Sekarang saya menjual udang antara Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu/kg, tergantung jenisnya,” kata salah seorang pedagang ikan bernama, Isatun ini.
Tak hanya para pedagang ikan yang mengeluh, para pembeli juga sama. Mereka akhirnya membatasi jumlah pembelian. ”Sebenarnya kaget, melihat harga ikan naik. Apalagi udang. Tapi mau bagaimana lagi, saya jualannya rempeyek udang. Ya tetap membeli juga,” kata pedagang rempeyek udang, Mulyati.
Selain udang, harga ikan-ikan seperti bandeng, cumi-cumi, ikan kembung, petek (kecil), blanak, kepiting, dan kerang juga naik. Kenaikan masing masing ikan sekitar Rp 5.000/kg. (mg5/ida/ce1)