Dua Sekolah Sabet Jawara Lingkungan

444

SALATIGA — Sekolah Dasar (SD) Theresia Marsudirini 77 Salatiga dan SMP 6 Salatiga meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2013. Penghargaan tersebut diraih, karena dua sekolah itu merupakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional.
Mirip dengan Adipura yang diberikan di tingkat kota/ kabupaten, penghargaan Adiwiyata juga dianugerahkan berdasarkan kebersihan dan wawasan lingkungan hidup di sekolah.
Wali Kota Yuliyanto saat menerima rombongan dalam sambutannya mendorong sekolah-sekolah di Salatiga untuk terus memperhatikan kebersihan lingkungan dan kerindangan pohon. ”Supaya anak didik dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan nyaman,” terang Yuliyanto.
Wali Kota Yuliyanto juga menyatakan rasa bangganya bahwa dua sekolah di Salatiga mendapatkan penghargaan nasional yang merupakan kerja sama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kabag Humas Adi Setiarso menuturkan, penilaian dilakukan oleh tim khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup. ”Sebelumnya, juga telah diadakan lomba tingkat kota dan juaranya mewakili hingga tingkat nasional.”
Pemenang Adiwiyata Kota Salatiga tingkat SD, berurutan juara I sampai dengan juara harapan III: SD Theresia Marsudirini 77; SD Salatiga 6; SD Mangunsari 3; SD Sidorejo Lor 1; SD Kutowinangun 4; dan SD Tegalrejo 4.
Untuk pemenang lomba Adiwiyata Kota Salatiga tingkat SMP, berurutan juara I sampai dengan juara harapan III: SMP 6; SMP 2; SMP 10; SMP Stella Mattutina Salatiga; SMP 7; dan SMP Pangudi Luhur.
Sedangkan pemenang lomba Adiwiyata Kota Salatiga tingkat SMA juara I sampai juara harapan III diraih: SMA 2; SMK 1; SMK 3; SMK 2; SMA 3; dan SMA Kristen 1. (sas/isk/ce1)