Makelar Jabatan Divonis 1 Tahun

306

KLATEN — Agus Krisbiyantoro alias Agus Kethoprak kemarin diganjar hukuman satu tahun penjara oleh majelis hakim PN Klaten. Agus diseret ke pengadilan, karena diduga sebagai makelar jabatan di lingkungan Pemkab Klaten.
Vonis yang dijatuhkan hakim, lebih ringan tiga bulan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).
Pejabat Humas PN Klaten, Suparna, mengatakan terdakwa dinilai melanggar pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan. Vonis terhadap Agus disampaikan oleh hakim Purnomo, saat sidang pembacaan putusan di PN Kelas IB Klaten, Selasa (28/1) kemarin.
Hakim berpendapat, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana penipuan dengan korban mantan Kepala Kesbangpol, Sofan. Akibat tindakan terdakwa, korban mengalami kerugian hingga mencapai Rp 70 juta.
”Terdakwa terbukti melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Oleh sebab itu, hakim memvonis terdakwa dengan hukuman dua belas bulan penjara.”
Sebelumnya, dari hukuman maksimal empat tahun penjara, JPU Widayati, hanya menuntut 15 bulan. Selain terbukti melanggar pasal 378 KUHP, terdakwa juga dituding telah mencemarkan nama baik Pemkab Klaten.
Penasihat hukum terdakwa, Joko Santoso, mengaku menghormati apa pun keputusan hukuman yang diberikan majelis hakim. Ditanya apakah akan mengajukan banding, Joko belum bisa memutuskan. Joko mengaku masih akan membicarakan masalah tersebut kepada keluarga terdakwa.
”Kami masih akan membicarakannya lagi dengan keluarga terdakwa, jadi belum bisa memastikan.” (jpnn/isk/ce1)