Pilih Bek Atau Striker?

350

SEMARANG – Regulasi baru soal kuota pemain asing yang boleh dimiliki tim-tim Divisi Utama musim ini yaitu dua pemain asing tampaknya akan segera disikapi tim PSIS Semarang di masa persiapan.
Maklum saja, di awal persiapan ini, tim berjuluk Mahesa Jenar tersebut merencanakan untuk merekrut tiga legiun asing sesuai regulasi yang ditetapkan PT Liga Indonesia pada musim-musim sebelumnya. Dan saat ini, PSIS telah resmi mengontrak seorang gelandang asing asal Uruguay, Ronald Fagundez. Sedangkan sisa kuota, menurut manajer tim Wahyu ‘Liluk’ Winarto, awalnya akan diisi oleh seorang bek asing dan satu lagi legiun asing di pos striker.
“Namun dengan aturan baru tersebut otomatis kuota pemain asing kita tinggal seorang, nah kita masih harus berkorrdinasi dulu dengan pelatih kira-kira satu kuota itu untuk bek atau striker asing. Tapi yang jelas kita tidak keberatan dengan kuota baru ini, justru di satu sisi kita bisa menghemat anggaran karena hanya menggunakan dua pemain asing,” terang Liluk.
Namun jika ditilik dari kekuatan PSIS saat ini, kuota seorang pemain asing tersebut kemungkinan besar akan dihuni oleh striker asing, mengingat di pos tersebut, saat ini PSIS baru memiliki dua striker lokal yaitu Hari Nur Yulianto dan Saptono.
Sedangkan di pos center bek, PSIS tercatat telah memiliki tiga bek lokal yaitu Fauzan Fajri, Abdul Latief dan seorang bek gaek Sunar Sulaiman sehingga sangat memungkinkan untuk sisa kuota asing akan dihuni oleh seorang striker asing. “Kalau memang nanti pelatih memutuskan satu kuota asing untuk striker ya kita akan menambah seorang lagi bek lokal. Tapi kita masih harus komunikasikan dulu dengan pelatih, karena ini terkait kekuatan tim,” sambung Liluk.
Sementara sore ini rencananya pelatih Eko Riyadi akan kembali mengagendakan ujicoba untuk PSIS. kali ini yang akan menjadi lawan tanding mereka adalah tim PS AD di Stadion Citarum Semarang.
Ujicoba tersebut menurut Eko juga akan digunakan untuk menilai lebih lanjut kualitas lima pemain lokal pelamar yaitu M Fadli, Andi Utomo, Boas Artururi, Imam Rochmawan, Gipsy Salaita Alaita dan seorang bek asing asal Togo Djaledjete ‘Dennis’ Bedalbe. “Besok (hari ini, red) kita agendakan ujicoba lagi dengan tim lokal. Kita akan lihat setelah itu kemungkinan kita juga akan melakukan pengurangan untuk pemain-pemain seleksi,” kata pelatih yang juga pernah berkostum PSIS itu. (bas/ric)