15 KK Tolak Pindah ke Rusunawa

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

SMG 20140130.inddRelokasi 32 KK Diangkut 20 Truk TNI

SUKOREJO — Sebanyak 15 kepala keluarga (KK) warga Trangkil Baru dan Trangkil Sejahtera, Kelurahan Sukorejo, Gunungpati yang menjadi korban longsor, menolak direlokasi ke rumah susun sewa (rusunawa) Kaligawe. Mereka memilih tetap tinggal di Trangkil, dan sebagian menumpang di rumah saudara.
Sri Utami, warga Jalan Pustaka, Perumahan Trangkil Sejahtera mengaku lebih memilih tinggal di tempat kerabatnya ketimbang pindah ke rusunawa Kaligawe.
”Terus terang saya tidak cocok (di rusunawa, Red). Untuk sementara saya tinggal di tempat saudara, sambil mencari kontrakan,” ujarnya.
Dia mengkau masih trauma jika kembali ke rumahnya yang sebagian runtuh.
”Terus terang masih takut kalau kembali lagi. Bagian depan rumah saya pada rontok, kalau kondisi hujan terus seperti ini takut menjalar ke mana-mana rontokannya,” katanya.
Lurah Sukorejo Sukidi mengatakan, jumlah warga Perumahan Trangkil Baru dan Trangkil Sejahtera yang terkena bencana sebanyak 47 KK. Kemarin, mereka telah mendapatkan bantuan dari pemkot lewat Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing Rp 10 juta.
Namun dari 47 KK tersebut, hanya 32 KK yang bersedia pindah ke rusunawa Kaligawe. Mereka akan diangkut menggunakan armada milik TNI pada Kamis (30/1) malam ini dan Jumat (31/1) besok. ”Besok (hari ini, Red) mulai pukul 08.00, barang-barang milik warga akan diangkut menggunakan 15 truk TNI menuju Kaligawe,” kata Sukidi.
Saat pindahan itu, Kodim 0733/BS Semarang juga akan menerjunkan sebanyak dua kompi atau 200 anggota. Sosialisasi teknis relokasi tersebut sudah dilakukan pada Selasa (28/1) malam. Bersama dengan penyerahan bantuan dana tanggap darurat kepada para korban longsor. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi secara simbolis didampingi Komandan Kodim 0733/BS Semarang, Letkol Kav Dicky Armunanto Mulkan dan kepala dinas terkait.
Letkol Kav Dicky Armunanto Mulkan mengatakan, sesuai perintah atasannya, pihaknya siap 24 jam untuk membantu atau melaksanakan karya bakti bagi para korban bencana alam. Untuk relokasi korban longsor Trangkil ke rusunawa, telah menyiapkan sebanyak 20 truk dan 200 anggota.
”20 truk terdiri atas 15 truk untuk mengangkut barang-barang korban longsor, dan 5 truk untuk para pengungsinya. Sedangkan dua kompi anggota, dibagi satu kompi untuk membantu menaikkan barang dan pengungsi ke truk di Trangkil, dan satu kompi membantu menurunkannya kembali di rusunawa. Perjalanan dari Trangkil ke rusunawa juga akan kita kawal bekerja sama dengan kepolisian,” terangnya.
Menurut Dicky, kemungkinan ada korban longsor yang tidak bisa membawa semua barangnya ke rusunawa, karena ruangan rusunawa yang terbatas. Karena itu, pihaknya akan membiarkan sebanyak 3 tenda tetap berdiri di lokasi pengungsian untuk menyimpan barang-barang tersebut selama tiga minggu. Sedangkan tenda-tenda lainnya akan langsung dibongkar.
”Barang-barang yang akan dibawa ke rusunawa, Kamis (30/1) malam harus sudah dikemasi dan diberi nama masing-masing (korban longsor). Pemberangkatan rombongan ke rusunawa akan dilepas langsung oleh Pangdam dan Wali Kota Semarang,” katanya.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi bantuan yang ternyata datang dari berbagai pihak, termasuk dari TNI untuk warga terkena musibah di Semarang. Pihaknya menyerahkan bantuan sebesar Rp 3 juta-Rp 10 juta, sesuai klasifikasi kerusakan ringan, sedang dan berat, untuk 109 kepala keluarga (KK) yang terkena musibah di 9 kecamatan.
Korban longsor Trangkil, Gunungpati sebanyak 32 KK yang masing-masing mendapat bantuan Rp 10 juta.
”Di Kampung Trangkil ini sebenarnya ada 47 yang rumahnya rusak, tapi hanya 32 yang bersedia pindah ke rusunawa, dan satu pindah ke rumah yang disediakan oleh keluarganya. Rusunawa Kaligawe sudah dilengkapi fasilitasnya, sedangkan biaya sewanya akan kami pikirkan lagi,” katanya.
Terpisah, Kepala UPTD Rusunawa Bimo Iriyanto menyatakan, 32 unit di rusunawa Kaligawe yang akan ditempati warga Trangkil sudah dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti listrik dan air PDAM. Setiap unit memiliki luas 24 meter persegi.
Dalam setiap ruangan, terbagi atas satu ruang utama yang berkuran sekitar lima meter. Kemudian satu ruang dapur dan satu ruang kamar mandi. Lantai di ruang utama masih berupa plesteran. Dindingnya juga masih batako, belum diplester.
”Tempatnya sudah layak ditempati, kelengkapan fasilitas seperti listrik dan air juga sudah ada,” ujarnya.
Namun saat Radar Semarang kemarin mencoba keran air, ternyata masih macet.
Menurut Bimo, para korban longsor nantinya dikenai biaya sewa sebesar Rp 65 ribu per bulan. Ini sesuai dengan Perda No 3 Tahun 2012. Berdasarkan perda, seharusnya mereka membayar tiga bulan langsung. Namun mengingat kondisinya mereka sudah tak memiliki uang sehingga boleh satu bulan. ”Nanti dihitungnya (menempati rusunawa) per 1 Februari, setelah itu setiap bulannya juga membayar Rp 65 ribu,” katanya.
Petugas kebersihan rusunawa, Wastini, mengatakan, rencananya warga Trangkil akan menempati Blok A lantai 4. Kemarin, setiap unit sudah ditempel nama warga yang akan menempati.
Penghuni lama rusunawa, kata Wastini, mengaku senang dengan kedatangan warga Trangkil. Karena bisa lebih meramaikan rusunawa tersebut. ”Kami menyambutnya dengan baik,” ujarnya diamini ketua paguyuban Blok A Musiran. (hid/zal/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -