Tiga Taruna Akmil Dikirim ke Jepang

1624

Satu Lainnya Dipecat
MAGELANG– Prestasi membanggakan diukir oleh taruna Akademi Militer Kota Magelang. Tiga calon perwira mendapatkan basiswa untuk mengikuti pendidikan militer di National Defence Academy (NDA) Jepang.
Tiga taruna terpilih itu diantaranya Koptar Edwin Syahputra Wira Utama, Koptar Yogi Arfandi dan Koptar Ida Bagus Kawi Yudistira. Mereka akan berada di Jepang sampai menamatkan pendidikannya pada tahun 2019 dan tetap menjadi bagian dari taruna Akademi TNI werving 2013.
“Mereka mendapatkan beasiswa dari Kementerian Pertahanan,” kata Gubernur Akmil Mayjend TNI Sumardi usai penyerahan beasiswa, kemarin. Sumardi berharap kepada para taruna terpilih untuk senantiasa menjadi pribadi yang rendah hati, bertakwa dan tetap menjaga teguh sumpah prajurit.
Selain memberikan beasiswa, gubernurr juga berkesempatan menyematkan kenaikan pangkat taruna/taruni Akademi TNI tingkat I dari prajurit taruna menjadi kopral taruna. Mereka telah menempuh pendidikan selama 6 bulan.
“Para taruna dan taruni Akademi TNI telah menjalani pendidikan dasar keprajuritan chandradimuka melalui materi kejuangan serta kepribadian dan pengetahuan. Materi-materi lain yang juga dilatihkan antara lain napak tilas rute gerilya Pangsar Sudirman, latihan prayudha dan terakhir kegiatan tradisi korps pembaretan dan kirab kota,” kata Sumardi.
Di sisi lain, Danjen Akademi TNI mengatakan dalam melaksanakan pendidikan dasar keprajuritan, para taruna dan taruni tidak lepas dari proses pembentukan yang dihadapkan pada tantangan dan hambatan. Melalui sidang Dewan Akademi Taruna Akademi TNI tahun pendidikan 2013/2014 pada Senin (27/1), yaitu penilaian terhadap tripola dasar pendidikan baik aspek kepribadian, akademik dan fisik.
Hasilnya 440 orang pratar Akademi TNI tahun pendidikan 2013/2014 dinyatakan lulus menjadi kopral taruna. Sedangkan 12 orang kopral taruna ditunda kenaikan pangkatnya karena faktor kemampuan jasmani dan 1 orang pratar dinyatakan diberhentikan dengan tidak hormat dari pendidikan Akademi TNI karena faktor mental dan kepribadian. (vie/lis)