Didominasi Diare dan Penyakit Kulit

307

BANDARHARJO – Puluhan warga Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara mendapatkan pengobatan gratis dari sejumlah tenaga kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Kamis (30/1). Kegiatan ini digelar sebagai salah satu bentuk bantuan pascabanjir yang melanda beberapa waktu lalu.
”Pascabanjir ini sebagian besar warga yang datang mengeluhkan diare serta penyakit kulit,” ujar Koordinator Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Unissula dr Opi Indriyati Santi.
Pengobatan gratis ini disambut baik oleh warga setempat. Tak hanya dimanfaatkan oleh warga yang terserang penyakit akibat banjir, beberapa di antaranya juga menggunakan fasilitas ini untuk mengecek kesehatan mereka. ”Saya dikabari katanya ada pengobatan gratis. Ini cucu saya terkena cacar air, kemarin sudah saya bawa ke klinik, karena ada pengobatan gratis ini, sekalian saya periksakan kondisinya sekarang. Saya juga sekalian mengecek kesehatan saya,” ujar Mulyati, 60.
Dalam bakti sosial kali ini, sebanyak empat dokter dan tiga tim farmasi diturunkan. Tenaga kesehatan dengan jumlah tersebut diharapkan dapat membuat warga lebih leluasa menyampaikan keluhan-keluhan mereka.
”Kalau ada banyak tenaga kesehatan, antre untuk konsultasinya juga tidak terlalu lama,” ujar Opi.
Ia menambahkan, bakti sosial ini rutin diadakan, khususnya bila terjadi bencana. Sebelumnya, mereka juga telah menggelar kegiatan serupa di kawasan Penggaron Lor dan Karangrejo. (dna/ton/ce1)