IAIN Wisuda 635 Mahasiswa

283

NGALIYAN – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang kembali menggelar rapat senat terbuka dengan acara wisuda sarjana ke-64, magister ke-31 serta doktor ke-7, Kamis (30/1) kemarin. Sebanyak 635 mahasiswa berhasil lulus dalam acara yang digelar di Aula II kampus 3 IAIN Walisongo Semarang tersebut.
Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Musahadi menyampaikan bahwa jumlah tersebut terdiri atas 603 sarjana, 28 magister dan 4 doktor. ”Dengan demikian, sejak berdiri pada 1970, IAIN Walisongo telah meluluskan sebanyak 24.761 sarjana, 437 ahli madya, 236 ahli muda, 1.135 magister dan 43 doktor,” jelasnya.
Musahadi menambahkan, dari segi pencapaian dan prestasi akademik, tingkat kelulusan mahasiswa tahun ini untuk program sarjana mendapat kualifikasi amat baik. Rata-rata indeks prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa setelah menyelesaikan masa studi adalah 3,46. Sedangkan untuk program magister pencapaiannya memuaskan dengan rata-rata IP yang diperoleh 3,48. ”Adapun untuk program doktor pencapaiannya secara umum sangat memuaskan dengan rata-rata IP 3,57,” imbuhnya.
Di antara wisudawan tersebut, lanjut Musa, diberikan penghargaan untuk wisudawan terbaik untuk masing-masing fakultas dan juga program pascasarjana. Selain itu, diberikan pula penghargaan untuk wisudawan termuda, dan juga tertua. Untuk wisudawan termuda program sarjana kali ini diraih oleh Kholisatin Nasihah dengan usia 21 tahun 3 bulan, 23 hari. Sedangkan wisudawan tertua diraih oleh mahasiswa atas nama Tiswarni Nurochim dengan usia 56 tahun 9 bulan 21 hari. (fai/ton/ce1)