Sampah di Sungai Dibiarkan Menumpuk

292

KENDAL–Banjir yang menggenangi Kendal beberapa hari lalu, menyisakan tumpukan sampah di sungai Kendal, Kamis (30/1) siang kemarin. Sampah-sampah tersebut, belum dibersihkan dan masih menyangkut di jembatan.
Pengamatan Radar Semarang, tidak tampak petugas dari dinas terkait yang berusaha membersihkan sampah sisa-sisa banjir. Padahal, tumpukan sampah menjadi penyebab tak lancarnya air, sehingga banjir merendam jalan.
Kepala Dinas Cipta, Karya, dan Tata Ruang (Ciptaru) Kabupaten Kendal, Nur Fauzi mengatakan, meski kebersihan kota di bawah naungan dinas yang ia pimpin, namun tugas untuk membersihkan sampah di aliran sungai, bukan tugas Ciptaru.
“Kami hanya membersihkan sampah di daratan saja, kalau yang ada di sungai, bukan wewenang kami. Contohnya, untuk kebersihan pasar adalah tugas dari Dinas Pasar. Kalau kebersihan sungai wewenang Dinas Bina Marga,” katanya, Kamis (30/1) siang kemarin.
Kepala Bidang Pengairan Kabupaten Kendal, Joko Sarwono mengklaim, tumpukan sampah di bawah jembatan, belum bisa dibersihkan karena debet air sungai masih tinggi. “Tugas tersebut memang tugas Bina Marga. Tapi, melalui UPDT Bina Marga Kendal, mereka kepanjangan tangan dari Bina Marga.” (den/isk)