Bobot 70 Kg, Mampu Tarik 1,5 Ton

359

TAWANG MAS–Ratusan anjing ras Pitbull dan Bully, Sabtu (1/12) mengikuti lomba di kompleks Pusat Rekreasi dan Pemeran Pembangunan (PRPP) Semarang. Ada 4 lomba yang dipertandingkan, yakni vertical climbing, spring pole, weight pulling dan show.
Salah satu lomba di acara Pride and Glory 2014 yang menarik perhatian pengunjung adalagh weight pulling atau menarik beban. Meski tubuhnya terlihat kecil, tapi anjing-anjing ini tergolong kuat. Salah satu anjing Pitbull usia setahun dengan bobot badan 70 kilogram, ternyata mampu menarik beban seberat 1,5 ton.
Ketua Panitia dari Dynasty Opit Bull Semarang (Dops) Wahyudi Sekodiningrat menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan anjing jenis Pitbull pada masyarakat. Tampang Pitbull sering dinilai menyeramkan dan galak. “Anjing jenis ini memang galak tetapi bisa dijinakkan,” katanya.
Salah seorang pemilik anjing Bully XL, Awan, 40, mengatakan anjing jenis ini mudah dirawat. Yang terpenting, anjing ini harus sering dilatih dengan dibawa lari setiap sore hari. “Kalau terbiasa di tempat ramai maka anjing menjadi tenang dan tidak cepat marah,” ungkapnya.
Soal makanan juga tak sulit. Setiap hari anjingnya mendapat jatah 2 kali makan dan tambahan vitamin. “Memang dalam melatih anjing ini agak sulit karena harus menarik beban sejauh 3 meter,” kata Awan.
Wahyudi menambahkan, khusus untuk jenis American Bully, hanya ada lomba show dengan kriteria anatomi tubuh. “Misalnya jenis rahang dan jenis kakinya bagaimana?. Pokoknya secara fisik saja. Berbeda dengan anjing Pitbull (yang ada lomba ketangkasan),” katanya. (hid/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.