Bisa Tanpa Wakil di Asian Games

273

SEMARANG – Jateng kemungkinan besar bakal tanpa wakil untuk cabor renang di ajang Asian Games 2014 yang akan digelar di Incheon, Korea Selatan, 18 September – 4 Oktober 2014 mendatang.
Kemungkinan tersebut terlihat dari persyaratan yang ditentukan oleh Satlak Prima untuk cabor renang diantaranya adalah catatan waktu 106 persen dari catatan waktu peraih medali perunggu di Asian Games 2010 lalu. Juga sarat lain yaitu atlet peraih medali emas di ajang pesta olah raga Asia Tenggara SEA Games XXVII/2013 di Naypyidaw, Myanmar lalu.
“Untuk sementara kita baru confirm lima perenang, dua pelatih dan satu manajer. Dan untuk Jateng memang belum ada, tapi untuk tahun ini bagi atlet Jateng realistisnya memang belum masuk,” kata pelatih renang asal Jateng yang saat ini juga menjadi pelatih kepala tim Pelatnas
renang Indonesia, Hartadi Nurtjojo.
Dari kedua persyaratan, kemungkinan besar renang Indonesia di Asian Games mendatang akan diperkuat perenang-perenang seperti Triady Fauzi, Gde Siman Sudartawa, Glenn Victor Sutanto, Indra Gunawan dan Ricky Anggawijaya yang meraih medali emas SEA Games 2013. “Untuk nama-namanya besok masih harus melalui proses promosi degradasi pada sekitar bulan April-Mei. Mereka juga akan dilihat catatan waktunya pada event yang ditentukan, seperti Singapore Open pada Maret mendatang,” lanjut Hartadi.
Jateng sendiri di ajang SEA Games Myanmar 2013 lalu total menyumbang empat perenang yaitu Ignatius Budi Utomo, Margaretha Kreitha, Kavita Chrisna dan Sagita Putri. Meski dari keempat perenang tersebut belum mampu menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.
Sementara meski berpeluang tipis menyumbang atlet mereka di ajang Asian Games 2014, perenang-perenang Jateng saat ini mampu mendominasi nomor gaya dada putra maupun putri di daftar 12 besar perenang terbaik Indonesia hingga bulan Januari 2014 yang baru-baru ini dirilis oleh PB PRSI.
Di nomor 50 m gaya dada putri, perenang Jateng, Margaretha Kreita dengan catatan waktu terbaik 33.34 detik yang dia cetak di Hongkong Open beberapa waktu lalu. Margaretha juga masih menjadi perenang terbaik di nomor 100 m gaya dada putri dengan catatan waktu 1 menit 14.20 detik.
Pada nomor 200 m gaya dada putra, perenang putra Jateng, Ignatius Budi Utomo berada di peringkat teratas dengan catatan waktu 2 menit 19.13 detik yang dia torehkan di ajang SEA Games Myanmar 2013 kemarin. Kemudian di nomor 200 m gaya dada putri, giliran Kavita Chrisna saat ini tercatat memiliki catatan waktu terbaik yaitu 2 menit 42.26 detik. Catatan waktu tersebut juga dia torehkan di ajang SEA Games 2013 kemarin. (bas/ric)