Perebutan Starter Masih Ketat

319

SEMARANG – Pelatih PSIS, Eko Riyadi dituntut untuk bisa memaksimalkan 17 pemain yang ada di laga ujicoba perdana mereka versus Timnas U-19 yang akan digelar di Stadion Jatidiri 14 Februari mendatang.
Saat ini, pelatih yang juga pernah berkostum PSIS Semarang itu tengah menyusun kekuatan starting line up mereka untuk menghadapi Garuda Muda. Beberapa nama telah dia kantongi siap untuk turun sebagai starter.
“Beberapa posisi sudah kami dapatkan untuk pemain starter. Tapi kita tetap akan melihat perkembangan pemain hingga menjelang pertandingan lawan Timnas besok,” terang Eko Riyadi ditemui kemarin.
Untuk pos penjaga gawang, kemungkinan besar Eko akan menurunkan kiper Catur Adi Nugroho yang memang diproyeksikan sebagai pemain utama. Kemudian sebagai pelapis, PSIS juga memiliki kiper muda, Ivo Andre.
Kemudian di sektor center bek, duet bek muda Fauzan Fajri dan Abdul Latief tampaknya masih akan menjadi pilihan Eko. Sementara satu center bek lainnya yaitu Sunar Sulaiman besar kemungkinan akan menjadi pemain pelapis di ujicoba besok. Di sektor bek sayap, saat ini PSIS memang baru memiliki dua stok pemain usai dilepasnya Ferinanda dan Iwan HW. Di bek sayap kiri, kini Eko hanya tinggal memiliki Edy Gunawan, kemudian Welly Siagian di sektor bek sayap kanan.
Yang paling ketat, untuk perebutan starter adalah di sektor tengah. Maklum saja kini PSIS memiliki sederet pemain dengan kualitas yang hampir sama, mereka adalah Edianto, Komaedi, Fadli Manna, Vidi Hasiholan, Franky Mahendra, Gypsi Salaita Alaita dan Andi Rohmat.
Selain mereka, tim berjuluk Mahesa Jenar itu juga telah resmi mengontrak seorang gelandang asing, Ronald Fagundez. Saat ini Eko Riyadi juga tengah memantau dua gelandang seleksi yaitu Handi Utomo dan Boas Atururi.
Sedangkan di pos striker, saat ini tim Mahesa Jenar memang masih memiliki dua striker lokal yaitu Hari Nur Yulianto dan Saptono. Sehingga di pos tersebut Eko Riyadi tidak memiliki pilihan lain jika nanti PSIS menggunakan formasi 4-4-2. “Untuk posisi tengah memang masih ketat, kita punya pemain-pemain yang memiliki kemampuan setara. Kita juga punya Fagundez yang kemungkinan besar besok boleh dimainkan saat lawan Timnas,” sambung Eko Riyadi.
Hanya saja, Eko tidak menjamin, pemain-pemain yang bakal turun sebagai starter akan tetap menjadi starter di kompetisi mendatang. Selain terus melihat progres permainan masing-masing pemain, saat ini PSIS masih memiliki sisa kuota yang belum diisi oleh pemain. “Yang pasti yang sedang dalam kondisi terbaik yang akan kita mainkan. Apalagi di kompetisi besok tensi pertandingan dan persaingan akan semakin ketat dibanding dengan pertandingan-pertandingan ujicoba yang akan kita lakukan di persiapan ini,” pungkasnya. (bas/ric)