Sanggah Banding Tidak Ada

334

Proyek Pasar Legi Parakan

TEMANGGUNG—Proyek Pasar Legi Parakan tidak terdapat sanggahan banding dari pihak ketiga setelah sebelumnya tiga perusahaan mengajukan sanggahan pada masa sanggah yang telah berakhir. Dengan demikian, PT Hutama Kar­ya sebagai pemenang lelang pro­yek dapat menandatangani perjanjian kerja sama.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti mengatakan, pada masa sanggah sebelumnya, tiga perusahaan peserta lelang mengajukan sanggahan pemenangan lelang. ”Ada tiga rekanan yang melakukan sanggahan terhadap proses lelang tersebut, yakni PT Relis Sapindo Utama, PT Ampuh Sejahtera, dan PT Nindya Karya,” katanya.
Ia mengatakan, dari tiga re­kanan tersebut yang kemudian mengajukan sanggahan banding adalah PT Relis Sapindo Utama. Namun, rekanan tersebut tidak menyertakan jaminan sanggahan sehingga dianggap gugur. ”Sanggah banding ada aturannya, harus menyertakan jaminan sanggahan sebesar satu persen dari nilai harga perkiraan sendiri (HPS) sekitar Rp 900 juta, karena PT Relis Sapindo Utama tidak menyertakan jaminannya, maka sanggahan banding gugur,” ujarnya.
Ia mengatakan, setelah proses sanggahan selesai maka panitia lelang akan menyerahkan semua berkas kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) yang kemudian akan mengeluarkan surat perintah untuk memulai pekerjaan.
”Setelah pemenang lelang (PT Hutama Karya) memberikan jaminan pelaksanaan kemudian dilakukan penandatanganan kontrak, dilanjutkan penyerahan lapangan dari PPK kepada penyedia jasa dan diikuti peletakan batu pertama,” ujarnya.
Ia mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan Pasar Legi Parakan direncanakan paling lambat pada Maret 2014. PT Hutama Karya (persero) menang lelang pembangunan pasar Legi Parakan Temanggung dengan nilai penawaran Rp 85 miliar dan terkoreksi menjadi Rp 83.510.603.000.
Sebelumnya ada 12 rekanan yang mengajukan penawaran, setelah dilakukan evaluasi secara administrasi, teknis, harga penawaran, dan harga terkoreksi, Hutama Karya dinyatakan sebagai pemenang lelang. (zah/lis)