Warga Pilih Pengobatan Tradisional

337

MAGELANG—Masyarakat di Indonesia masih banyak yang cenderung memilih pengobatan tradisional dibandingkan modern. Hal ini dipengaruhi karena faktor pendidikan dan ekonomi.
”Padahal dengan cara-cara tradisional, luka kronik justru banyak yang membuat penderitanya semakin tidak sembuh,” kata manajer klinik “Sembuh Lukaku” Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Magelang, Ns. Retna T. A., M.Kep, di sela-sela pelatihan penanganan luka di kampus Universitas Muhammadiyah Magelang, kemarin.
Menrutnya, banyak warga yang enggan berobat ke pelayanan kesehatan karena takut biaya yang mahal. Padahal, tidak selamanya hal itu dibenarkan.
”Misalkan dengan luka yang tidak segera tertangani malah muncul banyak masalah, biaya membengkak dan juga menimbulkan beban psikologis,” kata dia.
Padahal, kata dia jika masyarakat memahami manajemen perawatan luka dan memilih klinik yang tepat, hal tersebut bisa dihindari.
”Untuk itu Fikes UMM terus berusaha meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menangani masalah. Diantaranya melalui pelatihan ini,” katanya. (vie/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.