Jelang Pemilu, DPRD Kosong

342

TEMANGGUNG—Hari kedua menjelang pemungutan suara, kantor DPRD Kabupaten Temanggung kosong. Dari 45 anggota yang tercatat, hanya satu orang yang mengisi daftar kehadiran. Padahal, masa reses anggota telah berakhir pekan lalu.
Satu anggota DPRD yang me­ngisi daftar hadir adalah Abdul Rozaq. Dalam daftar calon anggota legislatif, politisi PKNU ini tidak termasuk di antaranya. Rozaq yang namanya pada nomor urut terakhir daftar kehadiran, adalah satu-satunya anggota DPRD yang menandatangani lembar tersebut.
Sementara itu, melihat jadwal reses anggota, telah diagendakan berakhir pada pekan lalu. Seharusnya, anggota DPRD telah kembali untuk menjalankan tugas legislasi di kantor yang terletak di kawasan Alun-Alun Temanggung ini. “Sepi dari pagi,” kata salah seorang pegawai yang enggan namanya di korankan.
Pada ruang fraksi yang biasanya terdapat anggota, pada Senin (7/4), tampak kosong. Dari tujuh fraksi yang ada hanya staf Fraksi Gerhanu yang tampak berada di kantornya. Sementara untuk anggota tidak ada yang terlihat. “Tadi ada Pak Mudiyanto (anggota FPPP), tetapi sekarang sudah tidak ada,” katanya.
Darmono, 50, salah seorang warga yang akan bertemu de­ngan salah satu anggota DPRD Temanggung mengaku kecewa sebab orang yang dicarinya tidak berada di kantor. Padahal, apa yang ingin disampaikan terkait dengan aspirasi masyarakat. “Sudah ke sana (DPRD) tadi, tapi tidak ada,” terangnya.
Seharusnya, lanjutnya, pada jam kerja anggota DPRD tetap mengantor seperti biasanya. Dan untuk kepentingan pencalegan diagendakan setelah jam kerja selesai. Hal tersebut sebenarnya efektif apabila anggota mampu membagi waktu. “Padahal kan sudah seharusnya ada pembahasan Anggaran Mendahului Perubahan,” terangnya. (zah/lis)