Lima Tersangka Lain Belum Ditahan

345

PIHAK keluarga korban Gustian Sigit Prasetyo, menyayangkan masih banyak tersangka dalam kasus penganiayaan yang masih bebas. Setidaknya ada enam tersangka yang belum ditahan.
”Kita hanya mempertanyakan kenapa enam tersangka lain masih bebas berkeliaran. Saya sering lihat mereka,” kata ayah korban, Wiyantoro, kemarin.
Padahal, kasus ini sudah diproses di kepolisian sejak lima bulan lalu. Informasi yang diperolehnya mere­ka juga sudah ditetapkan sebagai tersangka. ”Ada apa ini,” katanya setengah bertanya.
Pihak keluarga berharap proses hukum kepada enam tersangka yang merupakan warga Ponalan Desa Tamanagung Muntilan segera dituntaskan.
Mereka juga harus dihukum setimpal sesuai dengan perbuatannya.
”Kita ingin hukum ditegakkan seadil-adilnya tanpa pandang bulu,” tukas Wiyantoro. Untuk diketahui, dalam kasus pengeroyokan yang berujung tewasnya Gustian telah ditetapkan sembilan tersangka. Tiga diantaranya sudah menjalani sidang dan sampai pada tahap penuntutan. Ketiganya adalah pelaku penusukan Arif alias Penyu. Dua lainnya Muhammad Hari Arbani dan Yoga Prasetyo.
Dihubungi terpisah, Kasat­reskrim Polres Magelang AKP Saprodin mengatakan pihaknya masih melengkapi berkas-berkas pemeriksaan kepada enam tersangka. ”Petunjuk dari kejaksaan kita harus melengkapi berkas-berkas dulu,” kata dia.
Saprodin sendiri membenarkan para tersangka belum ditahan. ”Kita lengkapi dulu,” terang dia.
Jaksa peneliti Kejari Mungkid Bagus Catur Y mengatakan penahanan terhadap enam tersangka masih menjadi wewenang kepolisian. Pihaknya baru sebatas memeriksa berkas acara pemeriksaan yang sudah disampaikan ke kejaksaan. ”Sudah P-19 kita kembalilkan lagi berkas ke penyidik supaya dilengkapi,” katanya. (vie/lis)