Helman Kamal Jalan Kaki Keliling Indonesia

349

SALATIGA — Helman Kamal Husein, pria berusia 53 tahun ini, telah 3,5 tahun berjalan kaki keliling Indonesia. Sebanyak 30 provinsi di Indonesia, pernah dijelajahi.
Warga Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur itu, berniat mengelilingi wilayah Indonesia, dengan berjalan kaki. Misinya mulia: mengemban pesan perdamaian dan kemanusiaan.
Helman menuturkan, awalnya cuma bermodal Rp 200 ribu. Ia memulai petualangan pada 25 November 2010 silam. Setiap kota yang dilewati, bapak satu anak itu selalu singgah di setiap kantor pemerintahan setempat, DPRD, Mapolres dan Dinas Pariwisata. Tujuannya, meminta surat keterangan bahwa ia telah sampai di daerah tersebut. Saat ini, Helman sudah mengantongi 250 surat.
Helman berkeinginan untuk bertatap muka langsung dengan Gubernur DKI Joko Widodo. Berkas-berkas yang dibawanya itu, akan ia perlihatkan sebagai bukti bahwa dia telah melakukan perjalanan panjang.
Helman juga menyebut, dirinya telah singgah ke Istana Negara pada awal 2012 lalu. Namun, ia tidak bisa menemui Presiden SBY saat itu.

Selama berkelana mengelilingi Indonesia, pria setengah baya itu tidur di penginapan bertarif murah. Bahkan di emperan toko, seperti yang dilakukannya di Salatiga. Untuk makan, dia mengandalkan bantuan dari orang-orang yang berniat membantunya dengan tulus.(sas/isk/ce1)