Logistik Pilpres Mulai Digarap

263

TEMANGGUNG—Kendati proses pemilihan legislatif di Kabupaten Temanggung belum sepenuhnya usai, namun KPU setempat telah mulai melakukan persiapan penyelenggaraan pemilihan presiden yang akan dilaksanakan Juni mendatang. Persiapan yang dilakukan antara lain pembersihan dan penyiapan kotak suara yang akan digunakan.
Komisioner KPU Temanggung, Agus Istanto mengaku telah mulai mempersiapkan sejumlah logistik yang diperlukan pada pelaksanaan pilpres. Menurutnya, persiapan harus dilakukan sejak dini agar tidak tercecer. “KPU bersihkan kotak dan bilik suara yang akan dipakai untuk pemilihan presiden 2014. Tahapan pilpres sudah dimulai, ” katanya.
Pembersihan dan set ulang logistik tersebut, terangnya, sebagai rangkaian tahapan pilpres. Setelah tahapan pencoblosan pemilu calon legislatif selesai yang kini menunggu penetapan calon terpilih. Sebelumnya, logistik itu selesai ditarik dari 1881 tempat pemungutan suara (TPS), Selasa (22/4).
Dikatakan, isi kotak suara berupa surat suara dan formulir-formulir dipisahkan untuk didokumentasikan, sebab masih dibutuhkan. Sedang peralatan pencoblosan dan alat tulis dikelompokkan untuk selanjutnya dilelang. Formulir dan surat suara biasanya disimpan 2 tahun untuk antisipasi jika ada sengketa pemilu.
Dikemukaan, pada Pemilihan Umum Calon Presiden 2014 mendatang belum ditentukan ada berapa TPS di Kabupaten Temanggung. Sebab berdasar aturan dalam satu TPS sebanyak-banyaknya 800 pemilih, atau lebih banyak 300 orang dibanding Pemilu Calon Legislatif 2014. Penyebutan kata sebanyak-banyaknya itu sangat luas ditafsir sebab tentu menyesuaikan kondisi geografis setempat.
“KPU Temanggung berharap KPU pusat bisa menyetujui jika pada Pemilihan Umum Calon Presiden 2014 jumlah TPS sama dengan Pemilu Calon Legislatif 2014 yakni berjumlah 1881,” katanya.
Agus mengatakan perubahan TPS bisa berdampak pada tingkat partisipasi warga, sebab warga harus mencari dan memastikan di TPS mana terdaftar. Bisa jadi warga malas datang ke TPS baru karena jauh. Bila tanpa ada perubahan TPS, maka warga dengan mudah mengetahui dan langsung datang ke TPS yang dimaksud.
“Tingkat partisipasi di Temanggung pada Pemilu 2014 mencapai 85.06 persen, yakni dari 578.932 warga yang terdaftar pada DPT, yang hadir di TPS mencapai 492.438,” katanya. (zah/lis)