Petugas Gadungan Kuras Barang

309

JAGALAN — Anda harus berhati-hati jika ada petugas PDAM yang datang ke rumah. Jangan sampai mengalami nasib seperti Haryanto Simananda, 43, warga Jalan Pringgading No 58 RT 1 RW 2, Jagalan, Semarang Tengah. Rumahnya disatroni pencuri ketika sedang ditinggal pergi.
Tiga pelaku menyaru sebagai petugas PDAM. Modusnya, dengan mencoba mengecek meteran di rumah korban. Pelaku berhasil menguras isi dalam rumah. Di antaranya uang Rp 30 juta, empat cincin seberat 24 gram, kalung emas 15 gram, ponsel Samsung Galaxy.
Informasi yang berhasil dihimpun, perampokan modus baru ini terjadi 7 April lalu sekitar pukul 11.00. Saat kejadian, sang empunya rumah sedang menjemput anaknya yang sekolah di TK Pelangi, Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang.
Di rumah hanya ada orang tua korban bernama Erna Lesawati, 78. Tidak selang berapa lama, datang seorang lelaki mengaku sebagai petugas dari PDAM Semarang. Lelaki itu mengatakan, jika meteran di rumah korban rusak.
Saat sedang ngobrol itulah, dua pelaku lain disinyalir masuk ke dalam rumah. Tanpa ada pengawasan, dua pelaku mengobrak-abrik seluruh isi kamar korban. ”Kebetulan di rumah sedang sepi karena saya sedang menjemput anak sekolah,” aku korban dalam laporannya.(fth/ton/ce1)