Sekolah Sediakan Sarapan Gratis

298

KENDAL—Banyak cara dilakukan sekolah agar siswa bisa datang tepat waktu, alias tidak terlambat dalam mengikuti Ujian Nasional (Unas). Salah satunya SMP N I Brangsong yang sengaja menyediakan sarapan gratis bagi peserta Unas.
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Brangsong, M Rosidin mengatakan bahwa tujuan sekolah menyediakan sarapan adalah untuk mengantisipasi agar siswa tidak datang terlambat. Sebab banyak siswa yang rumahnya jauh, dikhawatirkan terjebak macet jika tidak berangkat pagi-pagi dari rumah.
“Makanya, kami sudah menyiapkan sarapan gratis bagi siswa yang menempuh Unas. Jadi siswa yang rumahnya jauh dan tidak sempat sarapan, bisa makan di kantin sekolah secara gratis,” ujar Rosidin, kemarin (5/5).
Ia mengaku, sebelumnya pihak sekolah telah melakukan pendataan terhadap rumah siswa dengan jarak tempuh ke sekolah. Dari data tersebut, banyak siswa yang rumahnya jauh atau dekat, namun harus naik sepeda dan jalan kaki. Praktis, siswa akan merasa lapar saat mengerjakan soal.  
Menurutnya, perut lapar dapat mengurangi konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal Unas. “Target kami, semua murid lulus 100 persen. Jadi jangan sampai lapar. Sakit perut jangan sampai menjadi pengahambat siswa untuk meraih prestasi yang baik,” tandasnya.(bud/ida)