Berusaha Lari, Kebo Ditembak

292

Adityo Dwi/RADAR SEMARANG
DITEMBAK — Ariyanto alias Kebo diinterograsi Kapolsek Gayamsari Kompol Juara Silalahi usai ditangkap.

GAYAMSARI – Berakhir sudah aksi petualangan kriminal Ariyanto alias Kebo, 25, warga Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Pelaku curanmor spesialis rumah kos ini berhasil ditangkap petugas Reskrim Polsek Gayamsari. Petugas terpaksa menghadiahi timah panas di kaki kanan lantaran berusaha lari saat akan ditangkap. 
Sayang, saat dilakukan penggerebekan tiga pelaku lain berhasil kabur. Yakni Dedi, Tompel, serta Anggit alias Balita. Kebo Cs merupakan kawanan pelaku pencurian sepeda motor spesialis rumah kos yang kerap beraksi di Kota Atlas.
Mereka terakhir beraksi di rumah kos yang ditempati Fahrizal Reza di Jalan Malangsari V, Semarang, Jumat (2/5) dini hari. Sebelumnya mereka janjian berkumpul di rumah Anggit di kampung Tambakboyo Jumat (2/5) sekitar pukul 01.30. ”Kami lantas berjalan kaki untuk melihat aksi balap liar di Jalan Sukarno-Hatta Semarang. Tapi sayang, ternyata tidak ada,” aku Kebo. 
Dengan perasaan kecewa, keempat pelaku memutuskan untuk jalan-jalan. Saat melintasi Jalan Malangsari, Tompel dan Dedi bilang akan mengambil sandal yang ada di depan rumah kos korban. Sedangkan Kebo dan Anggit menunggu di depan kos. ”Saya kaget, bukan sandal tapi justru mencuri sepeda motor. Motor tidak dikunci, jadi bisa dituntun,” imbuhnya.
Motor Vario bernopol K 4556 PV itu lantas dibawa ke rumah Anggit. Mereka lantas mempreteli motor dan mengganti nomor pelat motor. Saat itulah, petugas Polsek Gayamsari yang sudah mengintai menggerebek rumah Anggit. ”Baru dua kali mencuri motor. Itu pun karena saya diajak,” kilah Kebo. 
Saat digerebek, empat tersangka berhasil kabur. Petugas terus mengejar hingga akhirnya berhasil menangkap Kebo di warung soto sekitar Taman Unyil, Kabupaten Semarang. ”Anggota sudah mengejar terus, saat di Ungaran tersangka Kebo berhasil ditangkap,” kata Kapolsek Gayamsari, Kompol Juara Silalahi.
Juara Silalahi menambahkan, saat ini masih mengejar tiga pelaku lain. Komplotan ini disinyalir sudah sering beraksi di Kota Atlas. Mereka beraksi dengan bersama-sama. ”Sasarannya motor yang ada di rumah kos. Masih kami kembangkan,” tambahnya. Kebo saat ini masih mendekam di balik jeruji besi Mapolsek Gayamsari. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. (fth/ton/ce1)