RSUD Salatiga Dibobol Maling

351

SALATIGA—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salatiga kembali menjadi sasaran pencurian. Kali ini ruang Bina Program dijadikan sasaran pencuri yang menggasak barang berharga. Disinyalir pencuri beraksi pada Kamis (8/5) dinihari saat situasi rumah sakit sepi.
Dalam aksinya, pelaku pencurian berhasil menggasak uang tunai sekitar Rp 15 juta yang disimpan di laci, dua buah laptop, sebuah handycam serta sebuah kamera digital. Kerugian total diperkirakan mencapai lebih dari Rp 35 juta.
Berdasarkan keterangan yang dihimpun  di lokasi kejadian, pencuri diperkirakan masuk dengan melompat papan kaca batas antara kantor Bina Program dan kantin. Setelah masuk, pelaku kemudian mencungkil jendela. Sementara pencuri diperkirakan keluar melalui jendela Kabid Bina Program.
Kali pertama pencurian ini diketahui salah seorang petugas kebersihan Nurhadi, 26, sekitar pukul 05.30 WIB. Saksi saat itu tengah menjalankan tugasnya. Ia menyebutkan, pintu ruang Bina Program masih terkunci. “Memang saat itu kondisinya acak-acakan. Namun saya sama sekali tidak mengira di ruang itu kemalingan,” kata Nurhadi saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.
Tak lama kemudian salah seorang pegawai di ruangan itu, Mumpuni datang ke kantor. Ia kaget begitu melihat ruangan kantornya kondisinya telah acak-acakan. “Bu Mumpuni bilang ke saya, ruangan ini kemasukan pencuri,” jelas Nurhadi.
Saksi Mumpuni kemudian  melaporkan kejadian ini pada sekretaris RSUD Salatiga Sudaryono. Tak lama kemudian yang bersangkutan datang ke lokasi guna inventarisasi barang-barang yang hilang. Dari hasil invetarisasi, diketahui uang Rp 15 juta yang disimpan di laci Kabid Bina Program hilang. Kemudian dua buah laptop di atas meja pegawai dan sebuah kamera digital dan sebuah handycam juga tidak ada.
Sudaryono lantas melaporkan kejadian ini ke Mapolres Salatiga. Tak lama kemudian sejumlah petugas datang ke lokasi guna olah tempat kejadian perkara. Petugas juga mengambil sidik jari pelaku  di lokasi kejaidian. Kapolres Salatiga AKBP Dwi Tunggal Jaladri melalui Kasatreskrim AKP Andie Prasetyo mengatakan, kasus pencurian ini masih diselidiki.(sas/ton)