Targetkan 5 Ribu Kantong Darah

310

DEMAK-Palang Merah Indonesia (PMI) Demak menargetkan 5 ribu kantong darah pada 2014 ini. Kendati selama ini, masih kalah jauh dengan perolehan darah di daerah lain. Bahkan pada tahun 2013, PMI baru bisa mengumpulkan sekitar 2 ribu kantong darah.
”Untuk tahun ini, kami mencoba meningkatkan lagi dengan menggalakkan acara sumbang darah muldari kabupaten hingga kecamatan dan desa,” kata Ketua PMI Demak dr Singgih Setyono MMR disela pelantikan pengurus baru yang berlangsung di Pendopo Kabupaten, Jalan Kiai Singkil, kemarin. 
Diakui dr Singgih, di tingkat masyarakat masih ada rasa takut untuk menyumbangkan darah. Misalnya saja, takut sakit setelah donor. Padahal, kata dia, donor darah bisa menyehatkan badan karena sirkulasi darah lebih lancar. “Ini perlu kita informasikan pada masyarakat bahwa tidak perlu takut dengan donor darah. Sebab, donor darah bisa bermanfaat untuk orang lain,” katanya.  
Humas PMI, Misbahul Munir mengatakan, selain pelantikan, panitia juga menggelar lomba mewarnai untuk siswa TK dan PAUD serta sumbang darah bagi kalangan siswa PMR dan lainnya. “Dengan demikian, kegiatan seperti itu mereka akan lebih tahu soal PMI dan donor darah yang dilakukannya demi kemanusiaan,” jelas Munir yang juga Sekdes Desa Gebangarum, Kecamatan Bonang ini.(hib/ida)