Edukasi, OJK Gandeng PKK

313

SEMARANG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jateng dan DIY menjalin kerjasama dengan PKK Jawa Tengah. Hal ini sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat terkait perlindungan konsumen.
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jateng dan DIY Santoso Wibowo mengatakan OJK menyadari bahwa partisipasi aktif dan dukungan dari mitra strategis di daerah sangat dibutuhkan untuk memperluas akses kepada masyarakat dalam rangka menunjang keberhasilan program edukasi literasi keuangan. “PKK merupakan mitra strategis dalam melakukan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan keuangan dan produk-produk lembaga jasa keuangan,” ujarnya, kemarin (9/5).
Beberapa alternatif kerjasama yang akan dilakukan diantaranya program sosialisasi pengelolaan keuangan dan pemberdayaan ekonomi keluarga, kemudian kerjasama dalam mempersiapkan sumber daya manusia pelaksana edukasi dimana ibu rumah tangga dapat menyebarkan informasi kepada keluarga (sebagai lingkungan terdekat) dan warga sekitarnya. “Program edukasi ini diharapkan dapat berkesinambungan. Kemudian juga diharapkan dapat saling mengisi atau bersinergi dengan agenda kegiatan yang telah direncanakan oleh Tim Penggerak PKK di masing-masing daerah,” jelasnya.
Santoso menambahkan, sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan akses masyarakat terhadap lembaga keuangan dan produk-produk yang ditawarkannya, Kantor OJK Regional 4 telah melaksanakan sejumlah kegiatan.
Di antaranya pelaksanaan KKN tematik yang bekerja sama dengan UniversitasDiponegoro dan Universitas Wahid Hasyim dan kerja sama dengan lembaga jasa keuangan dalam pengoperasian mobil SiMOLEK (Mobil Literasi Keuangan). (dna/smu)