Tim Robot UKSW Targetkan Sapu Juara

307

SALATIGA—Tiga Robot karya mahasiswa Fakultas Teknik Elektro dan Komputer (FTEK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) siap bertarung dalam ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2014. Tim menargetkan juara di semua divisi dalam KRCI Regional III di GOR Jatidiri Semarang. Regional III meliputi wilayah Jateng dan DIY.
Target yang dipasang tim bukan tanpa alasan. Tahun lalu, salah satu robot R2C berhasil meraih juara 2 di regional 3 dan berhasil meraih juara 2 tingkat nasional. Berbekal prestasi itulah, maka tim menargetkan bisa lolos ke tingkat nasional. Persiapan maksimal sudah dilakukan sejak 8 bulan lalu.
Tiga robot tersebut, akan berlaga di Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) senior wheeled division. Juga KRPAI senior legged division dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Koordinator tim, Yonas Aditya Darmawan mengatakan, kesiapan tim sudah maksimal. Dua dosen pembimbing tim adalah Daniel Santoso dan Gunawan.
“Kami menargetkan bisa meraih juara di semua divisi,” ujar Yonas optimistis. Hal senada disampaikan oleh Daniel Santoso. Ia menargetkan semua robot bisa lolos ke tingkat nasional.
Hanya saja, Daniel berharap lapangan lomba lebih ideal. Menurut dia, kondisi lapangan harus diwaspadai. Salah satunya, faktor pencahayaan. “Yang jadi masalah dari tahun ke tahun adalah kondisi lapangan, karena itulah kami berharap tahun ini kondisi lapangannya lebih ideal,” terang Daniel Santoso.
Berbagai pembaharuan dilakukan untuk robot yang berlaga di KRCI tahun ini. Di divisi senior wheeled division, diturunkan robot R2C-Aphrodite. “Robot beroda ini dinamakan Aphrodite, karena di setiap rodanya ada motif bunga mawar,” terang Januar Nur Arifin, mahasiswa yang bergabung di tim ini. (sas/isk)