Jelang Pilpres Satlinmas Dilatih Bela Diri

280

WONOSOBO – Sedikitnya 200 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengikuti kegiatan peningkatan keterampilan. Selain pengaturan ketertiban, Satlinmas juga dibekali pelatihan bela diri. Pembekalan diberikan Badan Kesbangpolinmas Provinsi Jawa Tengah bersama Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Wonosobo, Sabtu (10/5) di halaman pendopo dan Alun-Alun Wonosobo.
Menurut Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Badan Kesbangpolinmas Provinisi Jawa Tengah Nurhadi, kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Satlinmas. Khususnya dalam bela diri dan penanganan dini potensi gangguan keamanan di masyarakat.
“Sekaligus untuk melatih kedisiplinan, kekuatan fisik dan mental, serta melatih diri untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah secara bersama-sama,”katanya.
Dikatakan, Satlinmas mempunyai peran penting dalam pengamanan sipil di tingkat desa. Pelatihan ini, juga bagian dari kesigapan dalam menangani persoalan sosial kemasyarakatan yang ada, khususnya jelang pemilihan presiden (pilpres) serta  dalam kondisi penanganan bencana dan keamanan lingkungan desa.
Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, Eko Sutrisno, menyampaikan kehadiran satuan perlindungan masyarakat di tengah-tengah masyarakat sangat penting, serta mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.
“Saat ini, Satlinmas secara sukarela, dengan dedikasi tinggi, membantu pemerintah pusat dan daerah, dalam mengemban tugas serta fungsi perlindungan masyarakat,”katanya.
Eko menyebutkan, peran Satlinmas tidak hanya untuk pilpres, namun tampil dalam keseharian kehidupan masyarakat. Dalam penanggulangan bencana, juga momen-momen strategis demokrasi seperti pemilu dan pemilukada.
Eko menyambut positif kegiatan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas, seperti pelatihan intensif dari TNI dan Polri ini, agar lebih meningkatkan kualitas fisik dan mental, khususnya kemampuan dalam menghadapi, menangani, dan menanggulangi persoalan bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh kelalaian manusia.
Kepala Kesbangpolinmas Wonosobo Hadi Soesilo mengharapkan 200 orang yang ikut kegiatan kali ini, bisa menularkan kemampuannya bagi anggota Satlinmas lainnya. Mengingat jumlah Satlinmas yang ada di Wonosobo saat ini, 7.527 orang. (ali/lis)