Ular 4 Meter Gegerkan Warga

279

JOMBLANG — Warga di wilayah RT 1 RW IX, Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Minggu (11/5) dikejutkan dengan penemuan ular Phyton dengan panjang 4 meter. Ular kali pertama diketahui seorang pengendara motor yang sedang melintas ketika ular tersebut menyeberang jalan.
”Waktu itu pengendara perempuan yang menjerit karena ada ular yang melintas,” ungkap Ngatno, 57, warga setempat.
Mendengar teriakan perempuan tersebut, warga langsung berlarian keluar rumah. Warga seketika geger ketika melihat sosok ular tersebut dan berusaha menangkapnya.
Namun menangkap reptil ini bukan hal yang mudah. Apalagi tak ada warga yang berpengalaman menjadi pawang ular. ”Saat ditangkap itu ular ganas sekali bahkan ada warga yang akan digigit. Tetapi kemudian disambar kepalanya sehingga bisa terselamatkan,” jelas Ngatno.
Dengan peralatan seadanya dan beramai-ramai, akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap. Agar tidak menyerang atau lari, ular tersebut dimasukkan dalam tandon penampung air dan ditutup kawat.
Dijelaskan lebih lanjut, selama ini warga sering kehilangan binatang peliharaan, terutama ayam. Warga kebingungan karena tak pernah diketahui siapa yang mencuri ayam-ayam tersebut. Diduga kuat, ular inilah yang memangsa ayam-ayam warga.
”Dengan ditemukannya ular ini, semoga tidak ada peliharaan warga yang hilang lagi,” harapnya. Ular ini rencananya akan diserahkan ke Taman Margasatwa Semarang. (hid/ton/ce1)