KPUD Tetapkan Anggota DPRD Demak Terpilih

1279

DEMAK-KPUD Demak kemarin resmi menetapkan nama-nama anggota DPRD terpilih hasil pemilu legislatif (pileg) 9 April 2014 lalu.
Penetapan yang berlangsung di gedung Bina Praja, Pendopo Kabupaten Jalan Kiai Singkil, dihadiri perwakilan partai, Panwas, dan instansi terkait lainnya.
Ketua KPUD Demak, Mahmudi mengatakan, dengan adanya penetapan anggota dewan terpilih, maka tugas KPUD telah selesai. “Ya, kita sudah plong karena sudah ada penetapan dewan terpilih,” kata Mahmudi, kemarin.
Menurut Mahmudi, nama-nama dewan terpilih, selanjutnya diserahkan ke DPRD setempat untuk proses pelantikan.
Komisioner KPUD, Jessy Tri Joeni menambahkan, penetapan dewan terpilih sesuai jadwal yang ada. Yakni, antara tanggal 11, 12 dan 13 Mei. “Kita pilih yang tanggal 12,” katanya.
Dikatakan, terhitung 14 hari setelah penetapan tersebut, KPUD berkewajiban memberitahukan daftar nama terpilih kepada partai politik dan DPRD. “Sedangkan untuk pelantikan, yang menentukan pihak DPRD.”
Dalam penetapan kemarin, Nasdem meraih 3 kursi, PKB 9 kursi, PKS 4 kursi, PDIP 8 kursi, Partai Golkar 9 kursi, Partai Gerindra 8 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, PAN 2 kursi dan PPP 5 kursi. Total ada 50 kursi. Penetapan anggota dewan berlangsung mulus dan tidak ada komplain.
Anggota Panwaskab Demak, Ulin Nuha mengungkapkan, pihaknya telah bersiap diri untuk menjadi saksi jika ada gugatan parpol ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kendati demikian, hingga kemarin belum ada laporan gugatan tersebut. “Sejauh ini belum ada gugatan,” katanya. (hib/isk)