Protes Bus AKAP, Sopir Minibus Geruduk Dishub

399

BATANG–Ratusan sopir minibus jurusan Pekalongan-Sukorejo, Senin (12/5) siang kemarin, menggeruduk kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kabupaten Batang.
Mereka kecewa dengan petugas Dishubkominfo yang tidak menindak tegas bus AKAP, yang mangkal dan mencari penumpang di terminal Banyuputih. Akibat aksi itu, ratusan penumpang telantar, di terminal Banyuputih, Batang.
Mogoknya para sopir bus, bermula adanya bus Antar-Kota Antar-Propinsi (AKAP) yang mangkal di terminal Banyuputih untuk mencari penumpang. Akibatnya, minibus jurusan Pekalongan ke Sukorejo Kabupaten Kendal, tidak memperoleh penumpang. Padahal, sebelumnya sudah ada kesepakatan. Yaitu, semua bus AKAP (Sinar Jaya, Laju Prima, Asli Prima dan Laju Utama) tidak akan mangkal di Banyuputih.
Sugito, 37, sopir bus mini Pekalongan Sukorejo Kendal mengungkap, pada 6 Mei, telah ada kesepakatan antara awak bus mini, dengan AKAP. Intinya, AKAP tidak akan mengambil penumpang di terminal Banyuputih. Kesepakatan disaksikan petugas Dishub. Yang terjadi, sehari setelah kesepakatan, awak bus AKAP tetap mengambil penumpang di terminal Banyuputih.


Ia mengungkap, sejak bus AKAP mengambil penumpang di Banyuputih, maka penghasilan mereka melorot.
Perwakilan bus AKAP Batang, Hendro, membantah bahwa pihaknya mengambil penumpang jurusan Pekalongan. Menurut dia, sebagian besar penumpang bus AKAP, adalah penumpang tujuan Jakarta, bukan Pekalongan atau Pemalang.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Batang Ahmad Taufiq berjanji akan menerjunkan anggotanya untuk mengawasi agar bus AKAP tidak mangkal di Banyuputih. (thd/isk)