Tekad Sapu Bersih

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

SEMARANG — Sore (14/5) ini, skuad PSIS Semarang akan melakoni laga terakhir putaran pertama kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2014. Kali ini tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini akan menghadapi tim kuat lainnya di grup 4, Persis Solo di Stadion Manahan Solo. Beban berat tentu bakal ditanggung Fauzan Fajri dkk di laga big match ini. Maklum saja, anak-anak PSIS bertekad menyapu bersih tujuh laga di putaran pertama setelah kemarin berhasil menang di enam laga beruntun.
Selain itu, tim yang akan mereka hadapi juga tidak sembarangan. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut saat ini menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 11 poin di bawah PSIS yang masih bertahan di puncak dengan 18 poin. Raihan 11 poin Persis tersebut hasil dari tiga kali kemenangan, dan dua kali seri. Sedangkan dari dua laga kandang yang dilakoni, tim yang diarsiteki Widyantoro itu hanya sekali terpeleset di kandang menyusul hasil imbang 2-2 ketika menjamu PPSM Magelang di laga perdana.
”Memang cukup berat. Kita tahu Persis tim bagus, apalagi mereka akan bermain di kandang, jadi butuh kerja keras untuk bisa mencuri poin dari mereka,” kata pelatih PSIS Eko Riyadi saat dihubungi Radar Semarang kemarin.

Untuk mengejar target winning streak di putaran pertama ini, Eko akan tetap menggunakan skema 4-2-3-1 yang kini semakin nyaman dimainkan oleh Fauzan Fajri dkk. Lima pemain gelandang, yakni Edianto, Andi Rohmad, M. Yunus, serta dua winger Ronald Fagundez dan Franky Mahendra masih menjadi peluru kendali untuk memainkan serangan dari lini tersebut.
Namun untuk pos striker, Eko kemungkinan akan kembali memercayai Hari Nur Yulianto untuk berdiri sendiri di depan menyusul kondisi Julio Alcorse yang masih dalam masa pemulihan cedera. ”Tapi kita masih tetap menunggu kondisi terakhir Alcorse. Makanya dia tetap kami bawa di tour Solo kali ini. Sedangkan untuk lini tengah tidak ada masalah, semua dalam kondisi yang siap tempur,” ujarnya.
Di kubu Persis sendiri, pelatih Widyantoro mengakui para penggawa Persis Solo akan melakoni tugas yang super berat. Menjamu tim PSIS Semarang di kandang sendiri, tentu membuat langkah Laskar Sambernyawa tidak mudah. Selain target wajib menang, tentu bisa mengalahkan Laskar Mahesa Jenar bisa jadi kado buruk bagi tim asal ibu kota Jateng tersebut yang hingga detik ini belum terkalahkan, dan selalu menang di semua laga yang sudah dijalaninya.
”Ini pertandingan yang tidak mudah, hasil menang tentu harus bisa kita raih. Bermain di kandang sendiri, rasa percaya diri kita lebih besar,” terang pelatih tim Persis Solo, Widyantoro kepada Radar Solo kemarin.
Di pertandingan kali ini, Persis akan mematenkan formasi 4-4-2.  Kali ini, Yanuar Ruspuspito dan Robby Fajar dipasang sebagai starter. Cederanya Liswanto membuat, formasi lini belakang sedikit diubah. Hendri Aprilianto tetap akan dipasang di wing back kiri, Dwi Joko akan merapat di posisi bek sayap kanan. Untuk center back, koordinasi Marcelo Cirelli dan Rahmad Sabani diharapkan bisa jadi tembok Persis di pertandingan kali ini.
”Saya sudah sempat melihat permainan PSIS ketika melawan Persitema Temanggung. Yang pasti, tim ini didominasi oleh pemain muda yang mengutamakan kerja keras dan semangat tinggi. Kita harus bisa menutup ruang gerak mereka,” tuturnya.
Kendala cederanya Liswanto ternyata membuat Wiwid (sapaan akrab Widyantoro, Red) sedikit memutar otak. Ia akhirnya memutuskan untuk mengembalikan Marcelo Cirelli ke posisi aslinya. Cirelli kini sudah akrab dengan posisi bek sayap kiri, terpaksa akan digeser menjadi stopper. Selama ini, Cirelli sangat moncer sebagai wing back kiri. Kontribusinya sangat berarti bagi tim Kota Bangawan ini. Terbukti, sebelum posisinya digeser, Persis meraih 11 angka dari empat pertandingan terakhir. Bahkan Cirelli berhasil menyumbang dua gol, sekaligus menjadi top skor Persis saat ini.
”PSIS punya striker bagus Julio Alcorse. Dan Cirelli saya kira paham dengan permainan Alcorse, apalagi pernah satu tim. Pertimbangan saya, Cirelli akan saya tugaskan untuk berduel dengan Alcorse sebagai lawan yang sepadan,” terangnya.
Mengingat pertandingan ini benar-benar laga big match, panpel pertandingan Persis Solo telah mempersiapkan keamanan yang matang agar gesekan antarsuporter kedua belah pihak tidak terjadi. Hal itu tak lepas dari keputusan panpel Solo yang mengizinkan suporter PSIS Semarang hadir langsung untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.
”Kemarin perwakilan suporter PSIS sudah bertemu Wakil Presiden Pasoepati, Ginda Ferachtriawan. Intinya tuan rumah menyambut baik rencana suporter Semarang yang akan ke Solo. Untuk jumlah anggota yang akan datang memang belum dikonfirmasi. Tapi, kami siapkan tribun timur sisi B8 untuk mereka. Kuotanya 2.000 orang,” terang Wakil Ketua Panpel Persis, Heri ”Gogor” Isranto. (bas/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -